Sekarang ini perusahaan tidak hanya dituntut untuk mengejar profit, tapi juga diharapkan mampu memberi kontribusi nyata kepada masyarakat dan lingkungan. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui program CSR perusahaan.
Corporate Social Responsibility atau CSR menjadi bagian penting dalam strategi keberlanjutan perusahaan. Namun, sebenarnya apa itu program CSR dan bagaimana contohnya dalam perusahaan? Temukan berbagai contoh penerapannya yang sudah dilakukan oleh Astra dalam artikel di bawah ini!
Apa Itu Program CSR Perusahaan?
Program CSR perusahaan adalah serangkaian aktivitas atau kebijakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap lingkungan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.
Adapun CSR bukan sekadar kegiatan donasi atau bantuan sosial, tapi menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan etis, berkelanjutan, dan dapat berdampak positif. Melalui CSR, perusahaan dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan.
Contohnya, seperti memberdayakan masyarakat sekitar, menjaga kelestarian lingkungan, hingga memberi akses pendidikan dan kesehatan bagi kelompok yang kurang mampu. Beberapa tujuan CSR bagi perusahaan, antara lain:
-
Meningkatkan reputasi dan kepercayaan publik
-
Menjalin hubungan baik dengan komunitas sekitar
-
Meningkatkan loyalitas pelanggan dan karyawan
-
Mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)
Alasan CSR Penting bagi Perusahaan
Bagi orang-orang yang bekerja atau berkecimpung di dunia bisnis, sangat penting untuk memahami bahwa CSR bukan sekadar tambahan, tapi justru menjadi bagian dari identitas perusahaan. Pasalnya, perusahaan dengan komitmen CSR yang kuat cenderung lebih disukai konsumen, investor, dan bahkan calon mitra bisnis.
Dengan menjalankan program CSR perusahaan yang konsisten, maka bisnis yang dijalani akan lebih dikenal karena dampak sosialnya, bukan hanya karena produk atau jasanya saja. Selain itu, CSR juga bisa mnejadi alat untuk mengurangi risiko reputasi dan memperkuat posisi perusahaan dalam jangka panjang.
Contoh Program CSR Perusahaan Melalui 4 Pilar Kontribusi Sosial Astra
Astra merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang konsisten dalam menjalankan program CSR setiap tahunnya. Hal ini dapat tercermin melalui berbagai inisiatif yang dilakukan berdasarkan pada 4 pilar kontribusi sosial Astra, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.
Keempat pilar tersebut juga selaras dengan tujuan global pada Sustainable Development Goals (SDGs). Berikut ini adalah berbagai contoh program CSR Perusahaan Astra yang tercermin dalam 4 pilar kontribusi sosial tersebut.
1. Astra untuk Indonesia Sehat
Astra menjalankan berbagai program kesehatan yang fokus pada ibu, anak, dan remaja, baik bagi masyarakat maupun internal Grup Astra. Adapun untuk kesehatan ibu dan anak, Astra aktif melakukan pembinaan Posyandu di berbagai wilayah Indonesia.
Bukan hanya itu saja, Astra juga punya program khusus untuk meningkatkan gizi balita. Sedangkan dalam menyasar kelompok remaja, Astra membentuk Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA).
Insiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait edukasi kesehatan reproduksi, kesehatan mental, gizi, dan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Selanjutnya, Astra juga mendukung upaya pemerintah dalam membentuk Integrasi Layanan Primer (ILP) di beberapa daerah.
Beberapa inisiatif program CSR perusahaan pada pilar Astra untuk Indonesia Sehat, antara lain:
-
Srikandi Lestari - United Tactors for Community Health Responsibility (UTCARE): Inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kadaer pos pelayanan terpadu untuk menjadi kader pembina Posyandu yang lebih terampil, edukatif, dan inspiratif.
-
Program Bantuan Kesehatan: Yayasan Astra - Yayasan Amaliah Astra (YAA) pada tahun 2024 telah membangun 16 sumur bor dan fasilitas MCK di Banten dan NTB untuk pondok pesantren terpencil yang kekurangan air bersih; menyalurkan bantuan kacamata baca kepada 116 pelajar dan lansia di DKI Jakarta dan Banten; serta layanan mobil jenazah di lima provinsi.
-
Klinik Pratama United Tractors: Menargetkan karyawan AHEMCE (Astra Heavy Equipment, Mining, Construction and Energy), YKBUT (Yayasan Karya Bakti United Tractors) dan keluarganya, serta anggota masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan dasar dan termasuk sebagai peserta jaminan sosial kesehatan BPJS.
2. Astra untuk Indonesia Cerdas
Melalui pilar Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra berkomitmen untuk memberi dampak positif pada pengembangan kualitas SDM yang sejalan dengan tujuan pemerintah sekaligus pencapaian
Tujuan 4 - Pendidikan Berkualitas, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.
Berbagai program yang dijalankan berfokus pada peningkatan mutu sekolah, pemberian beasiswa, serta pemberian donasi sarana dan prasarana pendidikan. Khususnya untuk sekolah-sekolah di sekitar instalasi Grup Astra dan daerah prasejahtera lainnya.
Kemudian Astra juga menjalankan program pelopor Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dengan tujuan mengedukasi dan mendorong kesedaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas di masyarakat. Selain itu, beberapa inisiatif program CSR perusahaan melalui pilar Astra untuk Indonesia Cerdas lainnya yang dilakukan pada tahun 2024, yaitu:
-
Program Beasiswa Astra: Melalui Yayasan Astra - Yayasan Amaliah Astra dan Yayasan Astra Bina Ilmu, Astra menyalurkan beasiswa sebagai program pendidikan berkelanjutan.
-
Yayasan Astra - Yayasan Astra Bina Ilmu melalui Politeknik Astra (ASTRAtech): Program pembinaan yang berfokus pada pengembangan pendidikan tingkat menengah dengan kegiatan yang mencakup pelatihan untuk guru dan siswa, pendampingan kurikulum, kegiatan teaching factory, pengujian dan penjurian untuk mengukur kemampuan siswa, serta memberi kesempatan bagi sekolah untuk melakukan visitasi ke fasilitas ASTRAtech.
-
SMK Teknik Sepeda Motor Astra Honda: Program pembinaan 713 SMK TSM Astra Honda dengan total 27.976 penerima manfaat (siswa dan guru) yang tersebar di 295 kota atau kabupaten di 36 provinsi.
3. Astra untuk Indonesia Hijau
Astra untuk Indonesia Hijau adalah satu dari 4 pilar kontribusi sosial Astra yang berfokus pada program pelestarian lingkungan dan beradaptasi dengan tantangan perubahan iklim global. Astra berkomitmen pada aksi nyata untuk mengurangi dampak lingkungan dan melakukan mitigasi terhadap perubahan iklim.
Tentunya hal ini sejalan dengan SDGs, yakni
Tujuan 13 - Penanganan Perubahan Iklim dan
Tujuan 15 - Ekosistem Daratan. Beberapa inisiatif program yang dijalankan melalui pilar Astra untuk Indonesia Hijau, antara lain:
4. Astra untuk Indonesia Kreatif
Astra untuk Indonesia Kreatif adalah pilar yang berfokus pada pengembangan UMKM pemasok Grup Astra, UMKM di sekitar instalasi Astra, komunitas kewirausahaan berbasis kawasan pedesaan, dan start-up dengan mengusung konsep Creating Shared Value (CSV).
Melalui progam ini, Astra senantiasa berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha kecil dan start-up melalui pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan peralatan produksi, dan akses ke pasar. Dengan berbagai kegiatan tersebut, Astra berusaha untuk mendorong kemandirian UMKM.
Adapun beberapa contoh program CSR perusahaan melalui pilar Astra untuk Indonesia Kreatif, yakni:
-
FIFriendibility: Program untuk menciptakan peluang pekerjaan yang inklusif bagi orang-orang disabilitas sekaligus membangun budaya kerja yang menghargai perbedaan dengan merangkul keselarasan, memberi kesempatan untuk berkarya, dan mempromosikan keberagaman.
-
Astranauts: Inisiatif yang dikelola oleh
Group Digital Strategy guna memacu perkembangan UMKM dan
start-up di bidang ekonomi berkelanjutan melalui teknologi guna mendukung kewirausahaan dan UMKM sebagai langkah kunci dalam meningkatkan ekonomi lokal.
-
Yayasan Astra - Yayasan Dharma Bhakti Astra Dukung UMKM dalam Rantai Pasok Industri Besar: Inisiasi program ini merupakan bagian dari upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam memperkuat rantai pasok dan optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong UMKM masuk ke dalam rantai pasok industri besar.
Program CSR Perusahaan Bukan Sekadar Kewajiban, tapi Komitmen Jangka Panjang
Menjalankan program CSR perusahaan seharusnya menjadi bagian dari DNA perusahaan. Artinya, bukan hanya untuk memenuhi kewajiban regulasi atau pencitraan. Dari berbagai contoh di atas, Astra telah membuktikan bahwa CSR yang dijalankan secara terencana dan konsisten bisa memberi dampak besar bagi masyarakat dan perusahaan itu sendiri.
Kalau kamu ingin membangun
brand yang kuat, relevan, dan bertahan lama, maka sudah saatnya mulai menanamkan semangat tanggung jawab sosial dalam strategi bisnis. Kamu bisa belajar dari contoh program CSR perusahaan, seperti Astra. Informasi lebih lanjut tentang komitmen sosial Astra bisa kamu dapatkan melalui
Laporan Keberlanjutan Astra.