PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan dengan pengelolaan program
Corporate Social Responsibility (CSR) terbaik dalam ajang Bisnis Indonesia
Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2024, 27 Juni 2024, di Jakarta.
BACA JUGA: Desa Sejahtera Astra & Kampung Berseri Astra: Wujud CSR Astra
Proses Penilaian Penghargaan Program CSR
Berdasarkan penilaian juri lintas profesi, beragam aksi kepedulian AHM untuk negeri ini diapresiasi dengan penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility Program untuk Kelompok Perusahaan Swasta Nasional.
BISRA 2024 menyeleksi aksi CSR puluhan perusahaan melalui empat kali proses penilaian, yakni melalui pengumpulan dokumen-dokumen kegiatan sosial perusahaan, proses verifikasi dokumen, hingga proses wawancara di hadapan dewan juri.
Adapun program CSR terbaik ini dinilai berdasarkan pada beberapa aspek, seperti Social Return of Investment (SROI), aspek nilai ESG berdasarkan tingkat risiko, serta nilai Return of Asset (ROA) dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh pemerintah.
Selain itu, apresiasi pengelolaan CSR di Indonesia ini juga menggandeng dewan juri ahli di bidangnya dengan fokus utama pada kontribusi sosial yang terukur dan berkelanjutan melalui perhitungan Social Return of Investment (SROI).
Bukti Nyata Komitmen AHM terhadap Keberlanjutan
AHM berhasil menyisihkan 78 perusahaan melalui pemaparan program Kolaborasi Penyelamatan Lingkungan dalam Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Bandung Barat.
Program ini merupakan kegiatan pengembangan Kampung Berseri Astra Honda Cidadap Eco Village, sekaligus konservasi keanekaragaman hayati yang dilakukan AHM bersama Pemerintah Daerah Jawa Barat.
Melalui kolaborasi pentahelix ini, masyarakat diajak untuk memperbaiki ekosistem di lokasi wisata melalui penanaman bambu, pohon peneduh, serta buah lokal dan langka sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim. Tak hanya itu, kolaborasi ini juga sekaligus bertujuan untuk mendukung berbagai UMKM yang mengusung kearifan lokal.
“Melalui semangat "Sinergi bagi Negeri", kami berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengimplementasikan program kontribusi sosial yang sesuai kebutuhan masyarakat. Kami berharap konsistensi program ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan dan menginspirasi pihak lain untuk berkontribusi bagi negeri ini,” ujar General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin.
Selain itu, Ahmad Muhibbuddin juga menyinggung mengenai komitmen tinggi AHM untuk menjaga keberlanjutan program CSR yang dilakukan dengan pendekatan psikologis, geografis, kondisi ekonomi, dan sosial.
Selaras dengan nilai semangat Satu Hati, sinergi AHM dalam setiap kegiatan CSR ini bergerak dalam empat pilar, yaitu pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan kesehatan yang mengajak kontribusi aktif para penggerak atau champion di wilayah desa binaan.