Astra
Astra Telah Menyelesaikan Akuisisi OLX Classifiedsornament catur dharma

PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan akusisi PT Tokobagus

Astra Telah Menyelesaikan Akuisisi OLX Classifieds

Bisnis & Aksi Perusahaan

4 menit membaca

1430

Bagikan:

 

JAKARTA - Langkah besar kembali diambil oleh PT Astra International Tbk (Astra) dalam memperkuat portofolio bisnis digitalnya. PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan akusisi PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital terkemuka di tanah air dengan merek OLX. Dengan akuisisi ini Astra memiliki 100% saham OLX Classifieds melalui PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%.

Sinergi antara Astra dan OLX Classifieds dalam Bisnis Digital

Sebelum akuisisi OLX ini terjadi, OLX Classifieds sudah dikenal sebagai salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia. Platform ini memfasilitasi transaksi berbagai jenis barang secara digital dengan jutaan pengguna aktif.

Di sisi lain, PT Astra International Tbk selama puluhan tahun dikenal sebagai perusahaan multinasional yang kuat di sektor otomotif hingga infrastruktur. Melihat pertumbuhan cepat pasar digital Indonesia, Astra melihat potensi besar untuk memperluas bisnisnya ke ranah teknologi berbasis data.

Sinergi antara Astra dan OLX pun menjadi langkah alami. Dengan pengalaman OLX dalam platform digital dan basis pengguna besar serta kekuatan Astra ekosistem otomotif dan pembiayaan, akuisisi ini diharapkan menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi kedua pihak.

Akuisisi OLX Classifieds oleh Astra


Sebagai pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama konsumen di Indonesia. Akuisisi ini diharapkan akan melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar USD77 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai USD130 miliar pada tahun 2025. Selain itu, 40% pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

"Mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang ditempuh Astra untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Akusisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gidion Hasan.

"Kami senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra. Kami telah berhasil membangun platform iklan baris digital OLX menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia," ujar Chief Executive Officer OLX Grup Lydia Ventura Paterson.

"Kami percaya bahwa kehadiran Astra yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia menjadikan Astra sangat cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pengguna serta mendorong pertumbuhan bisnis OLX. Kami yakin bahwa platform iklan baris digital OLX berada di tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat yang lebih tinggi,” sambungnya.

Selain itu, sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial. Untuk menyambut antusiasme pengunjung GIIAS 2023, Astra yang mengusung tema “Trade-in to The Future” menawarkan cashback hingga Rp6,6 juta dengan penilaian wajar berdasarkan kondisi kendaraan. Pengunjung GIIAS juga dapat menerima penawaran harga dalam waktu 1 jam.

Sejalan dengan inisiatif pengembangan strategi bisnisnya, Grup Astra berkomitmen untuk memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna platform iklan baris digital OLX. Sinergi antara bisnis iklan baris digital OLX dan ekosistem digital Grup Astra siap mengantarkan era baru yang dapat memberikan seamless experience, inovasi, dan memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan.

Tantangan dan Peluang Integrasi


Meski penuh peluang, integrasi antara Astra dan OLX tentu bukanlah tanpa tantangan. Beberapa tantangan yang mungkin dihadapi, antara lain:

  • Penyesuaian budaya perusahaan antara korporasi besar dan perubahan digital yang gesit.
  • Integrasi sistem teknologi agar data dan platform berjalan sinkron tanpa mengganggu layanan pengguna.
  • Kompetisi pasar digital yang sangat cepat berubah.

Namun, dengan pengalaman Astra dalam manajemen multi-bisnis dan sumber daya yang kuat, tantangan ini diyakini bisa diatasi secara bertahap.

Tonggak Penting dalam Digitalisasi Astra Group Melalui Akuisis OLX Classifieds


Penyelesaian Astra akuisisi OLX Classifieds sekaligus menandai tonggak penting dalam perjalanan digitalisasi Grup Astra. Langkah ini tidak hanya memperluas bisnis ke sektor teknologi, tetapi juga memperkuat komitmen perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.

Kolaborasi ini juga dapat membuka peluang baru dalam menikmati layanan digital yang lebih efisien, modern, dan terintegrasi. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, Astra dan OLX siap membawa transformasi digital Indonesia ke level berikutnya.

Artikel Lainnya :

Environmental Sustainability: Pilar Program Keberlanjutan Astra

Keberlanjutan

Environmental Sustainability: Pilar Program Keberlanjutan Astra

Oct 29, 2025 • 5 menit membaca

Kesehatan Mental di Tempat Kerja: Kunci Produktivitas Pekerja

Keberlanjutan

Kesehatan Mental di Tempat Kerja: Kunci Produktivitas Pekerja

Oct 29, 2025 • 5 menit membaca

AHM Segarkan Tampilan Honda BeAT Series dan New CRF 150L

Bisnis & Aksi Perusahaan

AHM Segarkan Tampilan Honda BeAT Series dan New CRF 150L

Oct 29, 2025 • 4 menit membaca