Warga Makassar Berbondong-Bondong Meriahkan Festival Kesehatan Astra
Share

Siaran Pers

Warga Makassar Berbondong-Bondong Meriahkan Festival Kesehatan Astra

MAKASSAR: Sejak 3 bulan terakhir, Marawiyah mendapati beberapa kutil di tangan kirinya. Ia sempat memeriksakan diri beberapa kali ke puskemas dan dijanjikan akan mendapatkan operasi untuk mengangkat kutil tersebut. Tidak mendapat kabar selama 3 bulan, pada hari ini (19/11) ibu berusia 56 tahun itu akhirnya mendapatkan operasi gratis di rumah sakit apung Doctor Share yang merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi PT Astra International Tbk dalam rangkaian Festival Kesehatan sekaligus perayaan Inspirasi 60 Tahun Astra di Makassar.

Bukan hanya Marawiyah yang memiliki kesempatan operasi gratis, sekitar 20 orang pasien lainnya juga dijadwalkan mendapat layanan operasi minor di atas rumah sakit apung yang dibentuk oleh Yayasan Doctor Share dengan pendirinya dr Lie Dharmawan, Phd. Berbagai layanan operasi yang akan dilakukan meliputi operasi kutil, ganglion, kista dan lypho.

Saat membuka Festival Kesehatan yang dilangsungkan di Anjungan Pantai Losari, Walikota Makassar Ramdhan Pomanto mengatakan sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Astra di Makassar. “Terima kasih kepada Astra yang telah mengambil tema kesehatan di Kota Makassar. Tema ini sejalan dengan semangat Kota Makassar saat ini. Sejak saya menjabat sebagai Walikota Makassar, saya sering bertanya kepada masyarakat, apa yang menjadi masalah utama mereka. Jawabannya adalah masyarakat miskin yang sakit,” tutur Walikota Ramdhan Pomanto.

Dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan Republik Indonesia yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dr Sigit Priohutomo MPH, Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes. dan Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso, Festival Kesehatan yang sekaligus menutup 3 hari rangkaian acara di Makassar, juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan serta mata gratis, donasi kacamata, donor darah, yoga festival, festival kuliner sehat dan berbagai jenis lomba yang menarik.

Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat

Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengapresiasi para penggiat program CSR kesehatan Astra. Mereka adalah Kader Kesehatan Avicenna Astra, Posyandu Binaan Astra dan Kampung Berseri Astra (KBA). Apresiasi ini dilaksanakan melalui beberapa tahap penjurian. Berikut penerima Apresiasi Astra Untuk Indonesia Sehat:

  1. Kategori Lomba Kader Kesehatan Avicenna Astra:
  • Kader Kesehatan Avicenna Astra Terbaik Pertama: Ryanti dari Posyandu Binaan PT Astra Agro Lestari Tbk.
  • Kader Kesehatan Avicenna Astra Terbaik Kedua: RA Sumarti Wahyuni dari posyandu binaan PT Astra International Tbk.
  • Kader Kesehatan Avicenna Astra Terbaik Ketiga: Naiti Susanti dari posyandu binaan PT United Tractos Tbk.
  • Kader Kesehatan Avicenna Astra Terbaik Keempat: Hany Astuti dari posyandu binaan PT Astra International TBk – Daihatsu Sales Operation cabang Semarang.
  • Kader Kesehatan Avicenna Astra Terbaik Kelima: Nuryanti dari posyandu binaan grup Astra Semarang.
  1. Kategori Lomba Posyandu Astra Nasional:
  • Posyandu Astra Terbaik Pertama: Posyandu Mandala Sari – PT Astra International Tbk –Daihatsu Sales Operation Cab Bali.
  • Posyandu Astra Terbaik Kedua: Posyandu Seroja – Binaan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.
  • Posyandu Astra Terbaik Ketiga: Posyandu Dewi Sartika binaan PT Astra International Tbk.
  • Posyandu Astra Terbaik Keempat: Posyandu Kecubung 1 binaan grup Astra Padang.
  • Posyandu Astra Terbaik Kelima: Posyandu Mawar Terintegrasi KEHATI binaan PT Astra Agro Lestari Tbk – GSPP.
  1. Kategori Lomba Kampung Berseri Astra:
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Pertama: KBA Karina Merbabu Asih Cirebon binaan PT Asuransi Astra Buana.
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Kedua: KBA Proklim Sunter Jaya binaan PT Astra Honda Motor.
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Ketiga: KBA Tanon Semarang binaan Grup Astra Semarang.
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Keempat: KBA Rawa Jati binaan PT Astra International Tbk Honda Sales Operation.
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Kelima: KBA Pekayon binaan PT Astra International Tbk.
  • Kampung Berseri Astra Terbaik Keenam, Selamat kepada KBA Depok binaan PT Astra International Tbk.

Penyerahan 6.000 Kacamata

Di acara yang sama, Astra juga mendonasikan 6.000 pasang kacamata untuk wilayah terluar Indonesia. Jumlah ini melengkapi jumlah total 21.654 pasang kacamata yang telah didonasikan program Generaksi Sehat Indonesia sampai dengan tahun 2017.

Rangkaian HUT 60 Tahun di 5 Kota

Sebelum Makassar, Astra telah melakukan rangkaian HUT 60 tahun di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya dan Medan.

Pada setiap peringatan HUT di kota-kota tersebut, Astra mengusung tema berbeda tetapi tetap fokus pada pilar kegiatan kontribusi sosial (corporate social responsibility) Astra, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

HUT 60 tahun Astra di Yogyakarta mengusung tema “Astra Hijau” dengan implementasi “Jambore Adiwiyata” dan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yaitu pada tanggal 28-30 April 2017.

HUT 60 tahun Astra di Balikpapan bertajuk “Astra Cerdas” menghadirkan Festival Pendidikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017.

Tak berhenti sampai di situ, HUT 60 tahun Astra di Surabaya mengusung tema yang tak kalah menarik, yaitu “Astra Kreatif”. Tema tersebut terwujud dalam festival bertajuk “Entrepreneur Fest” dan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2017, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional.

Pada 22-24 September 2017 di Medan, kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra mengadakan Festival IAABL. Melalui serangkaian kegiatan IAABL ini, Astra kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Sebagai kota terakhir dalam rangkaian HUT 60 tahun, Makassar menghadirkan berbagai kegiatan dengan tema “Astra Sehat” dan dilangsungkan pada 17-19 November 2017.

Pada prinsipnya, dimanapun Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan sejalan dengan filosofi perusahaan, Catur Dharma.