Tingkatkan Ketahanan Masyarakat, Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021
Share

Siaran Pers

Tingkatkan Ketahanan Masyarakat, Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021

JAKARTA: Untuk mendukung terbentuknya ketahanan masyarakat dalam mengatasi pandemi COVID-19, Astra bersama Polda Metro Jaya pada hari ini (8/12) mengadakan acara puncak Sayembara Kampung Tangguh Jaya (KTJ) 2021 yang bertajuk “Piala Kapolda Kampung Tangguh Jaya”. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Astra dalam membentuk ketahanan masyarakat terhadap pandemi COVID-19 di tingkat RT dan RW melalui sinergi dengan TNI-Polri dan pemerintah daerah.

Turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si beserta jajarannya, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Head of Security Astra Muslich.

“Kami berharap implementasi program sinergi di Kampung Tangguh Jaya dapat terus berkelanjutan sehingga dapat terbentuk ketahanan masyarakat yang mandiri,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam sambutannya.

Untuk memperluas area binaan dan penguatan program KTJ pada tahun mendatang, Astra bersama dengan Polda Metro Jaya melakukan penilaian atas KTJ terbaik di tiap-tiap wilayah hukum Polres Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur dalam Sayembara KTJ 2021.

Terdapat 130 indikator yang menjadi acuan tim penilai, mulai dari konsistensi implementasi program, penanganan COVID-19, ketangguhan sumber daya manusia (SDM), ketangguhan sistem, ketangguhan sarana dan prasarana pendukung, serta ketangguhan keamanan dan penanggulangan kebencanaan.

Berdasarkan hasil penilaian dari sayembara yang dilakukan, terpilihlah KTJ RW 05 Sunter Agung dari Jakarta Utara sebagai pemenang Sayembara KTJ 2021. Pemenang Sayembara KTJ 2021 berhak mendapatkan hadiah berupa piala dan dana pembinaan sebesar Rp25 juta.

KTJ merupakan strategi kolaboratif antara TNI-Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat yang berfokus dalam pemecahan permasalahan melalui upaya identifikasi, analisis, penentuan aplikasi penyelesaian masalah, dan evaluasi. Pembentukan KTJ bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19, mencegah terjadinya kejahatan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Sejak pertengahan tahun ini, Astra telah berkolaborasi dengan empat KTJ wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, yaitu KTJ Bendungan Hilir, KTJ Petamburan, KTJ Karet Tengsin, dan KTJ Warakas. Astra secara aktif melakukan serangkaian kegiatan pembinaan untuk meningkatkan kesadaran warga melalui seminar daring yang rutin digelar setiap bulan, pelatihan tanggap darurat bencana, pagelaran lomba 17 Agustus, dukungan vaksinasi, hingga pemberian bantuan sembako kepada warga terdampak pandemi COVID-19.

Selain berfokus pada ketahanan terhadap COVID-19, dukungan Astra terhadap KTJ diharapkan dapat diperkuat dengan membentuk ketahanan pada pilar-pilar lain seperti sumber daya manusia, keamanan, ekonomi, sosial, budaya, informasi, logistik, kesehatan, hingga psikologi.


Komitmen Astra dalam memperkuat fungsi KTJ sebagai motor penggerak kemandirian masyarakat sejalan dengan Sustainable Development Goals Indonesia dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 241 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 186.237 karyawan, berdasarkan data September 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kedua belas dan telah mengapresiasi 493 anak muda, yang terdiri dari 81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia).