Standard Chartered & Astra Teken Perjanjian Jual Beli Saham PermataBank Dengan Bangkok Bank
Share

Siaran Pers

Standard Chartered & Astra Teken Perjanjian Jual Beli Saham PermataBank Dengan Bangkok Bank

JAKARTA: Standard Chartered PLC (Standard Chartered) dan PT Astra International Tbk (Astra) pada hari Kamis (12/12) menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat untuk menjual saham mereka, masing-masing sebesar 44,56% di PT Bank Permata Tbk (PermataBank) kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank).

Penyelesaian transaksi tersebut bergantung pada terpenuhinya persyaratan-persyaratan tertentu, termasuk diperolehnya persetujuan pemegang saham Bangkok Bank dan persetujuan-persetujuan yang dipersyaratkan oleh peraturan yang berlaku di Indonesia dan Thailand, yang diharapkan dapat selesai sebelum akhir tahun 2020.

Bangkok Bank sepakat mengakuisisi 89,12% saham PermataBank dari Penjual secara tunai. Nilai akuisisi tersebut adalah 1,77 kali dari nilai buku per laporan keuangan terakhir PermataBank sebelum penyelesaian transaksi. Jika mengacu pada nilai buku PermataBank per 30 September 2019, total dana yang akan diterima Penjual sekitar US$2,6 miliar (Rp37 triliun), atau setara dengan harga Rp1.498 per saham PermataBank.

Group Chief Executive Standard Chartered Bill Winters mengatakan, “Pelepasan saham di PermataBank memungkinkan kami untuk fokus pada bisnis yang kami miliki sepenuhnya di pasar Indonesia yang besar dan strategis ini; dan selanjutnya kami akan menggunakan modal yang ada untuk diinvestasikan kembali atau dikembalikan kepada pemegang saham. Transaksi ini juga menunjukkan fokus kami dalam mengeksekusi dengan cepat prioritas-prioritas strategi baru yang kami umumkan pada awal tahun ini.”

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengatakan, “Astra secara berkala meninjau strategi portofolio investasinya dan mengambil keputusan dengan memperhatikan kepentingan terbaik seluruh pemangku kepentingan. Keputusan kami terkait PermataBank telah mempertimbangkan kinerja PermataBank yang membaik, prospek positif industri jasa keuangan di Indonesia dan strategi kami untuk fokus memperkuat posisi Astra sebagai penyedia jasa keuangan di segmen ritel di Indonesia.” Prijono juga mengatakan, “Bangkok Bank merupakan salah satu bank terbesar di Thailand dan well-capitalised. Hubungan bisnis yang ada saat ini antara Grup Astra dan PermataBank akan berjalan seperti biasa dan kami akan menjajaki kerja sama bisnis lainnya.”

J.P. Morgan bertindak sebagai penasihat keuangan Astra and Standard Chartered.


Link Penting:
Mohon dapat mengunduh keterbukaan informasi Standard Chartered sesuai peraturan pencatatan di Bursa Efek London:
https://www.londonstockexchange.com/exchange/news/market-news/market-news-detail/STAN/14346198.html

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Astra

Boy Kelana Soebroto Email: [email protected]
Phone: +6221 508 43 888 Ext. 5884

Standard Chartered

Julie Gibson Email: [email protected]

Phone: +44 20 7885 2434
Christina Soon
Email: [email protected]
Phone: +65 6596 6284


PermataBank:
PermataBank adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan total aset sekitar US$10,9 miliar dan total ekuitas pemegang saham sekitar US$1,7 miliar per laporan triwulanan yang berakhir 30 September 2019. Pada periode interim 9 bulan yang berakhir 30 September 2019, PermataBank melaporkan laba bersih sekitar US$77 juta.

Berkantor pusat di Jakarta, PermataBank memiliki jaringan yang tersebar di 62 kota dengan 332 gerai (termasuk cabang dan kantor cabang) dan hampir 7.700 karyawan. PermataBank menawarkan produk dan layanan perbankan di Indonesia untuk membantu masyarakat dan perusahaan agar berhasil, menciptakan kesejahteraan dan pertumbuhan melalui perbankan ritel, usaha kecil menengah (UKM), dan bisnis grosir.

PermataBank terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ‘BNLI’. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di http://www.permatabank.com.


Standard Chartered:
Standard Chartered adalah grup perbankan internasional terkemuka, dengan kehadiran di 60 pasar paling dinamis di dunia, dan melayani nasabah di lebih dari 85 negara. Standard Chartered memiliki tujuan mendorong perdagangan dan kemakmuran melalui diversifikasi bank yang unik, dan warisan serta nilai-nilai yang tertuang pada brand promise, Here for good.

Standard Chartered tercatat di Bursa Efek London dan Hong Kong serta Bursa Efek Bombay dan NationalStock di India.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan pendapat para ahli, kunjungi Insights at sc.com. Follow Standard Chartered on Twitter, LinkedIn, Instagram and Facebook.


Astra:

PT. Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti. Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 234 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.504 karyawan, berdasarkan data September 2019. Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 86 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.