Semarak Kampung Berseri Astra, Umumkan Kampung dan Desa Super Prioritas
Share

Siaran Pers

Semarak Kampung Berseri Astra, Umumkan Kampung dan Desa Super Prioritas

JAKARTA: Bagi sebagian orang, bukan hal yang sulit untuk menunjukkan bakti dan perjuangan kepada tanah lahirnya. Menghasilkan suatu produk yang dapat menembus pasar ekspor adalah suatu kebanggaan bagi negara karena dapat berkontribusi terhadap penguatan perekonomian bangsa.

Itulah yang dilakukan warga Desa Sejahtera Astra (DSA) Purworejo, Jawa Tengah. Bersama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, DSA Purworejo belum lama ini telah mengekspor 30.000 bulu mata palsu ke Turki, Zimbabwe, dan Amerika Serikat dengan senilai US$30.000.

Kisah sukses di pasar ekspor lain juga datang dari sebuah desa di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lahir dari dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau, Desa Sejahtera Astra (DSA) Temanggung berhasil memproduksi bijih kopi yang juga berhasil menembus ke pasar luar negeri.

Berbeda dari kedua DSA di atas, Kampung Berseri Astra (KBA) Tanon, Semarang, Jawa Tengah, berkontribusi terhadap wilayah dan masyarakat sekitarnya melalui kesenian budaya lokal dengan menyuguhkan paket kunjungan desa wisata, budaya dan pembelajaran yang menyediakan pagelaran seni, outbond ndeso, permainan tradisional yang menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat setempat.

Kisah tersebut merupakan contoh kecil dari semangat KBA dan DSA yang dibina oleh Astra dalam membangun bangsa, sesuai dengan tema Semarak KBA, yakni Semangat Membangun Bangsa, Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia serta mendukung penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional dan Pekan Olahraga Tradisional yang sedang berlangsung pada September hingga Oktober 2021.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia, Astra pada hari ini (29/9) mengadakan acara puncak Semarak KBA yang menjadi perayaan di seluruh KBA dan DSA.

Setelah KBA Tanon dan DSA Temanggung terpilih sebagai KBA/DSA Super Prioritas 2020 melalui sayembara KBA/DSA Super Prioritas 2020, tahun ini Astra dan Kemenparekraf kembali mengajak masyarakat KBA/DSA mengajukan proposal untuk menjadi Kampung/Desa Super Prioritas 2021 dan akan dilakukan pembangunan landmark atau ikon untuk pemenang KBA/DSA Super Prioritas.

Peluncuran Gugus DSA Astra Tourism & Craft Academy
Astra juga meluncurkan Gugus DSA “Astra Tourism & Craft Academy” yang berlangsung hingga Desember 2021. Acara dengan para peserta tokoh penggerak KBA Wisata dan DSA dengan produk unggulan wisata tersebut memiliki tujuan antara lain meningkatkan kapasitas KBA/DSA subgugus wisata, kriya dan budaya, membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan pendapatan usaha serta membantu sektor wisata.

Turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Indra Ni Tua, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Republik Indonesia Raden Isnanta serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Pariwisata pasca pandemi harus bisa beradaptasi besar-besaran. Kami turut mengapresiasi Desa Sejahtera Astra Wisata Muncar Temanggung karena sudah melakukan upaya pengembangan desa wisata yang signifikan," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

“Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Astra mengintegrasikan implementasi empat pilar kontribusi sosial Astra dalam bentuk KBA dan DSA. Dalam menjalankan program tersebut, Astra melakukan berbagai macam kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan sarana, prasarana, dan fasilitasi modal, dukungan pemasaran, hingga pembentukan role model KBA dan DSA mandiri,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam sambutannya.

Rangkaian acara Semarak KBA telah berjalan dari tanggal 22-28 September 2021. Berbagai macam kegiatan dilakukan guna menumbuhkan semangat pada seluruh pihak yang terlibat dalam KBA dan DSA diantaranya sayembara video profil KBA/DSA serta lomba yang dibuka untuk umum, lomba lukis mural, lomba permainan tradisional online, lomba TikTok tari tradisional, lomba batik digital.

Semangat Astra untuk membangun bangsa melalui KBA dan DSA sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 238 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 187.300 karyawan, berdasarkan data Juni 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia).