Resep Jitu Ratu Cimol Dongkrak Omzet 100% Saat Pandemi
Share

Siaran Pers

Resep Jitu Ratu Cimol Dongkrak Omzet 100% Saat Pandemi

JAKARTA: Kemajuan teknologi membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih mudah mengembangkan produk dan jasanya masuk ke ekosistem digital.
Berdasarkan laporan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, saat ini sekitar 16% dari pelaku UMKM atau sekitar 10,2 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya.
Dari transaksi penjualan UMKM, sebanyak 51% penjualan berasal dari kategori bahan makanan. Hal ini sejalan dengan pengalaman Ratu Cimol dari kota Banyumas, Resika Caesaria, yang mendapatkan omzet penjualan tertinggi selama 15 tahun usahanya berdiri.
Resika merupakan pelopor dan penggerak masyarakat di Banyumas melalui wirausaha cimol dengan skema waralaba gratis.
“Selama pandemi, kami melakukan pemberdayaan bidang edukasi dengan pengalihan model bisnis berbasis online untuk para mitra. Hingga November 2020, tercatat peningkatan omzet mencapai 100%,” tutur Resika dalam Webinar M-Class yang digagas oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Magnifique Indonesia bersama Astra.
Webinar tersebut turut menghadirkan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 bidang kewirausahaan Resika atau yang akrab disapa Cika sebagai pembicara, pegiat seni Dian Sastrowardoyo sebagai moderator, serta Managing Partner Magnifique Indonesia Arifaldi Dasril.
Astra bersantiasa menjalankan kontribusi sosial berkelanjutan melalui pilar kewirausahaan, mengundang para mahasiswa dan komunitas UMKM di seluruh Indonesia pada webinar terbuka dengan topik ‘Belajar Menjadi Wirausaha Muda’ yang disiarkan melalui YouTube channel SATU Indonesia pada hari ini (16/12).

Edukasi Dari Cimol
Di tengah pandemi COVID-19, Cika memberikan edukasi kepada 600 mitra untuk beralih ke penjualan secara online. Seperti halnya mengajari cara menggunakan Whatsapp hingga cara berjualan melalui media sosial.

Dalam webinar tersebut, Cika memberikan berbagai tips dan inovasi yang dilakukan untuk mempertahankan bisnisnya bersama para mitra dengan menjalankan strategi penjualan cimol frozen secara online.

Kegiatan webinar yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut, ditutup dengan kutipan inspiratif dari Cika yang juga sebagai pendiri usaha Made Arizka. “Teman- teman terus semangat untuk berinovasi dan pantang menyerah untuk melakukan yang terbaik. Jika kita percaya hal itu untuk membantu diri kita dan sekitar, pasti akan selalu ada jalan terbuka di depan.”
Dukungan Astra pada program edukasi kewirausahaan tersebut sejalan dengan cita cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 236 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 190.087 karyawan, berdasarkan data September 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 756 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).