Peringatan Hari Koperasi Dengan Membatik di Desa Sejahtera Astra Bumiaji
Share

Siaran Pers

Peringatan Hari Koperasi Dengan Membatik di Desa Sejahtera Astra Bumiaji

BATU, JAWA TIMUR: Butiran embun pagi masih terbentuk rapi di rumput Lapangan Gelora Arjuna, Kota Batu, Jawa Timur. Udara dingin yang mencapai 11 derajat celsius disertai kabut tidak menyurutkan semangat warga, anak-anak dan dewasa, untuk mempersiapkan peringatan Hari Koperasi.

PT Astra International Tbk kembali mengadakan Festival Kampung Berseri Astra dengan tema Astra Untuk Indonesia Kreatif sebagai wujud nyata peringatan Hari Koperasi yang jatuh pada 12 Juli 2019. Kegiatan ini diadakan di salah satu Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu Desa Bumiaji, Batu, pada tanggal 3 – 4 Agustus 2019.

Acara dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Asrorun Ni’am Sholeh, Asisten Deputi Industri dan Jasa Kementerian Koperasi dan UMKM RI Ari Anindya, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas serta Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Walikota Dewanti mengatakan kegiatan seperti ini dapat mengangkat nama Kota Batu sebagai penghasil produk UMKM berkualitas. “Sinergi Astra dan Batu ini sangat berharga untuk menampilkan potensi Kota Batu, yakni membatik kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Chief Pongki menambahkan, “Kami berharap melalui seluruh rangkaian kegiatan perayaan Festival Kampung Berseri Astra ini, masyarakat luas dapat terinspirasi untuk berkolaborasi dalam berkarya membangun Indonesia”.

Pada hari ini, 3 Agustus 2019, Astra menggelar Bincang Inspiratif Creativepreneur yang diisi oleh narasumber luar biasa yaitu penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards tahun 2015 Hadi Apriliawan, Founder YukBisnis.com Jaya Setiabudi, Finalis Astra Start Up Challenge 2018 Abidah Syauqina.

Dalam kegiatan ini Astra meresmikan Rumah Galeri Batik dan Taman Batik Astra di Desa Sejahtera Astra Desa Bumiaji. Di taman bertema batik ini, anak-anak dapat membatik dengan suasana yang nyaman dan ramah anak.

Selain itu ada pasar rakyat yang menampilkan produk-produk unggulan Desa Sejahtera Astra dan UMKM binaan Astra lainnya, permainan tradisional, pentas seni desa serta membatik bersama yang melibatkan sekitar 250 warga Desa Bumiaji.

Pada kesempatan yang sama Astra juga memberikan penghargaan kepada para pemenang Astra Start Up Challenge 2019 yang merupakan anak-anak muda pelaku usaha start up terpilih dari 1.984 pendaftar dari 32 Provinsi di Seluruh Indonesia yang telah menjalani pembinaan dan kompetisi selama ± 6 bulan.

Pada 4 Agustus 2019, berbagai acara menarik digelar sejak pagi sampai sore. Mulai dari karnaval budaya arak-arakan hasil bumi Desa Bumiaji, Festival Layang-Layang sampai Festival Bantengan dengan total peserta mencapai 5.000 orang.

Desa Pembatik Yang Bernama Bumiaji

DSA Bumiaji merupakan DSA yang dimotori oleh salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 yaitu Anjani Sekar Arum, Si Batik Bantengan. Anjani memulai sanggar dan galeri batik Andaka di Kota Batu pada Agustus 2014. Ia kemudian melatih anak-anak menjadi pembatik dan sekarang sudah 390 anak yang belajar di sanggarnya. Kini, Desa Bumiaji mengangkat batik bantengan sebagai salah satu produk unggulannya.

Mulai tahun 2018, Anjani dipercaya untuk mengembangkan sisi kewirausahaan Desa Bumiaji dan kini menjadi salah satu dari 645 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, per Juni 2019 Astra telah membina 11.896 UMKM di seluruh Indonesia.

Semangat Anjani dan warga Desa Bumiaji mendorong pertumbuhan ekonomi desa sejalan dengan semangat Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications

PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 232 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 225.523 karyawan, berdasarkan data Juni 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 245 anak muda, yang terdiri dari 53 penerima tingkat nasional dan 192 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Astra juga membina 81 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.