Pendaftar SATU Indonesia Awards 2017 Melonjak 38,15% menjadi 3.234 Orang
Share

Siaran Pers

Pendaftar SATU Indonesia Awards 2017 Melonjak 38,15% menjadi 3.234 Orang

JAKARTA: Jumlah pendaftar program SATU Indonesia Awards 2017 hingga penutupan pendaftaran pada 10 Agustus 2017 mencapai 3.234 orang atau melonjak 38,15% dibandingkan dengan jumlah pendaftar pada tahun 2016 yang mencapai 2.341 orang.

“Kami sangat senang melihat semakin banyak pemuda Indonesia berusaha menginspirasi masyarakat di daerah mereka masing-masing. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pendaftar setiap tahun. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program SATU Indonesia Awards, sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Anak-anak muda yang mendaftar dalam program SATU Indonesia Awards 2017 yang dibuka sejak 10 Maret 2017 ini berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Mereka adalah penggerak program pemberdayaan masyarakat di daerahnya, baik secara individu maupun kelompok, selama setidaknya satu tahun. Kegiatan pemberdayaan mereka harus sejalan dengan lima bidang kontribusi sosial yang telah dilaksanakan Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Teknologi.

Jika biasanya SATU Indonesia Awards didominasi oleh pendaftar di bidang pendidikan, pada tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengann profil pendaftar pada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pendaftar pada tahun ini terbanyak ada di bidang kewirausahaan yaitu sebanyak 1.455 orang, diikuti 1.130 pendaftar dari bidang pendidikan, 400 pendaftar dari bidang lingkungan, 132 pendaftar dari bidang teknologi, dan 117 pendaftar dari bidang kesehatan.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-8, jumlah peserta juga masih didominasi peserta individu sebanyak 2.045 orang, disusul peserta kelompok sebanyak 1.189 orang. Pendaftar pria juga masih menjadi peserta mayoritas dengan jumlah pendaftar 2.204 orang, sementara peserta wanita sebanyak 1.030 orang

Selanjutnya, para pendaftar ini akan diseleksi dan melewati beberapa tahap penjurian sebelum akhirnya dipilih menjadi penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017. Informasi lengkap mengenai SATU Indonesia Awards 2017 dapat dilihat di www.satu-indonesia.com, Facebook Fan Page: Semangat Astra Terpadu, Twitter: SATU_Indonesia dan Instagram: SATU_Indonesia.

SATU Indonesia Awards 2017

SATU Indonesia merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Program tahunan ini diadakan Astra International untuk mencari sosok anak muda di seluruh penjuru Tanah Air yang memiliki program pemberdayaan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Program yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan sejak tahun 2010 dan telah menghasilkan 39 penerima apresiasi yang dinilai telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, Kesehatan, Teknologi dan Kelompok.

Dalam rangka memperingati HUT ke-60, Astra juga akan memberikan bantuan dana pengembangan masyarakat sebesar masing-masing Rp60 juta untuk penerima apresiasi tingkat nasional, bertambah dari Rp55 juta tahun 2016. Selain itu, penerima apresiasi juga akan mendapatkan pembinaan kegiatan dari Astra.

Dewan juri SATU Indonesia Awards 2017 terdiri dari Prof. Emil Salim, Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Prof. Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI periode 2010-2012 dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta), Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi).

Apresiasi Tingkat Provinsi

Setelah 8 tahun berjalan, Astra meyakini masih banyak pemuda di pelosok Nusantara yang sebenarnya memiliki program pemberdayaan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya tetapi belum terjangkau oleh program ini. Hal ini terlihat dari tidak meratanya penyebaran pendaftar di 34 provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, mulai tahun ini, program SATU Indonesia Awards juga mencari sosok inspiratif melalui seleksi di tingkat provinsi, yang juga akan menerima dana apresiasi.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.