Nurani Astra Salurkan Bantuan Tahap Awal Rp4,4 Miliar Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Share

Siaran Pers

Nurani Astra Salurkan Bantuan Tahap Awal Rp4,4 Miliar Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

JAKARTA: Grup Astra melalui Nurani Astra membantu korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan menyalurkan bantuan tahap awal senilai lebih dari Rp4,4 miliar.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Head of Security Division Astra Muslich, dan Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra Malang Lindung Karuniawan dalam penyerahan bantuan pada hari ini (17/12) yang berlokasi di pendopo Kabupaten Lumajang.

“Indonesia adalah negara yang didukung oleh masyarakat dengan budaya gotong royong dan saling membantu. Sehingga saat terjadi bencana, banyak pihak yang turun untuk membantu. Seperti hari ini, bencana alam Gunung Semeru yang ditanggapi dengan baik oleh pihak swasta seperti Astra,” sambut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD.

“Nurani Astra membantu korban erupsi Gunung Semeru dan pemerintah daerah dalam mempercepat penanganan korban bencana. Kami berharap berbagai bantuan dari Nurani Astra dapat membantu meringankan beban masyarakat,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro.
Sebagai bagian dari bantuan tahap awal, berbagai bantuan berupa velbed, selimut, tandon air, pipa air, masker, tikar, peralatan mandi, perlengkapan kebutuhan kesehatan, tiga mobil ambulans, satu unit excavator PC78 serta tenaga medis telah disalurkan sebelumnya secara bertahap. Astra juga telah membentuk dua posko siaga di Probolinggo dan Malang.

Grup Astra Malang juga telah menyerahkan bantuan berupa buku kepada anak-anak pengungsi di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, yang disaksikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto didampingi oleh Ketua Korwil Grup Astra Malang Lindung Karuniawan.

Berbagai bantuan tahap awal tersebut berasal dari PT Astra International Tbk, Grup PT Astra Honda Motor, Grup PT United Tractors Tbk, Sigap, Korwil Grup Astra Bogor, Semarang, Surabaya, Malang, Yayasan Amaliah Astra, dan komunitas Astra Runners.

Nurani Astra juga dengan komunitas Astra seperti penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu berkolaborasi Untuk (SATU) Indonesia Awards dan tokoh penggerak Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra dalam menyalurkan bantuan untuk masyarakat.

Semangat Grup Astra dalam membantu korban bencana alam erupsi Gunung Semeru sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 241 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 186.237 karyawan, berdasarkan data September 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kedua belas dan telah mengapresiasi 493 anak muda, yang terdiri dari 81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia).