Siaran Pers
Share

Siaran Pers

Menuju 60 Tahun, Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2016 Diluncurkan

JAKARTA: Kegiatan PT Astra International Tbk untuk mengapresiasi para jurnalis dan masyarakat umum kembali diadakan dengan meluncurkan Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA) 2016 pada hari ini.

Kedua program LFA dan APA, yang diluncurkan dalam Media Gathering Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia di gedung Smesco ini mengedepankan kinginan Astra dalam : Berbagi Inspirasi 60 Tahun, untuk menyambut enam dekade Astra International berkiprah dalam menginspirasi bangsa.

Kedua lomba tersebut mengangkat tema "Inspirasi 60 Tahun Astra", yaitu karya yang mencerminkan usaha Astra menginspirasi masyarakat Indonesia melalui 3 strategi, yakni produk & layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia Astra yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara yang selama ini telah dijalankan.

Sejak berdiri pertama kali tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma. Pendaftaran kedua lomba tersebut dibuka mulai 1 Agustus 2016 hingga 30 November 2016.

Acara Media Gathering tersebut sekaligus menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-60 Astra yang akan jatuh pada 20 Februari 2017.

Dalam sambutannya, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International Pongki Pamungkas mengatakan, "Selama hampir 60 tahun, kegiatan bisnis Astra tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. Pada prinsipnya, dimana pun Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan sejalan dengan filosofi kami, Catur Dharma."

Produk & Layanan Astra
Dalam menjalankan bisnis, Astra selalu mengedepankan sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Pelanggan merupakan pemangku kepentingan utama. Demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan. Hal ini sejalan dengan butir kedua Catur Dharma, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Sumber Daya Manusia Astra Yang Unggul
Sumber daya manusia merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik. Kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Maka dari itu Astra menyelenggarakan InnovAstra yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tahan air. Kegiatan ini menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya invoasi di dalam perusahaan, dan telah berjalan selama 32 tahun tanpa henti.

Kontribusi Sosial Astra
Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari empat pilar CSR Astra (Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan) dan melalui 9 yayasan, Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari dan memberikan penghargaan bagi pemudapemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Kiprah sosial Grup Astra juga dilakukan oleh sembilan yayasan yang didirikan khusus untuk membantu mempercepat proses pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan, terutama dalam empat pilar CSR Astra. Sembilan yayasan Astra adalah sebagai berikut:

  1. Yayasan Toyota & Astra (YTA)
    Yayasan Toyota dan Astra (YTA) didirikan pada tahun 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor. YTA memiliki visi dan misi untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program penyediaan bantuan dana dan pembiayaan untuk kegiatan pendidikan, riset dan pengembangan teknologi, bantuan alat peraga pendidikan dan buku-buku, terutama teknologi otomotif. Fokus program YTA yaitu pada program peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajar-pelajar Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi serta kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri yang melakukan penelitian sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar magister atau doktor.
  2. Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)
    Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didirikan tahun 1980 oleh pendiri Astra William Soeryadjaya dengan mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM ditanah air, juga sekaligus sebagai penguatan value chain usaha Astra melalui program pemberdayaan masyarakat di sekitar operasional Astra. Program pembinaan yang diberikan antara lain di bidang HR, Produksi, Pemasaran, Keuangan dan EHS&CSR serta fasilitasi akses pemasaran dan pembiayaan dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain Astra secara terintegrasi.
  3. Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI)
    Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) didirikan pada tahun 1995 dengan nama Yayasan Federal Bina Ilmu membawahi Akademi Teknik Federal oleh PT Federal Motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor. Seiring dengan perkembangan bisnis Yayasan Federal Bina Ilmu berubah menjadi Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). YABI mengemban misi menyelenggarakan institusi pendidikan yang profesional dalam bidang teknologi, khususnya pada bidang yang terkait otomotif dan sumber daya alam, untuk menghasilkan lulusan siap pakai dengan kualitas terbaik di Indonesia.
  4. Yayasan Astra Honda Motor (YAHM)
    Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) didirikan pada tahun 1995 sebagai organisasi sosial yang mandiri dengan misi mendukung di bidang pendidikan dan sosial melalui program pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi ke masyarakat tentang keselamatan berkendara sepeda motor di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial dan budaya, termasuk bencana alam.
  5. Yayasan Amaliah Astra (YAA)
    YAA didirikan pada tahun 2001 memiliki misi untuk membangun Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient melalui kegiatan di bidang sosialkeagamaan. Tujuannya agar karyawan muslim Astra menjadi muslim yang profesional dan masyarakat di sekitarnya memiliki ketaatan beragama.
    Melalui Masjid Astra, YAA menyelenggarakan aktivitas perayaan keagamaan dan Cerdas Cermat Islami Astra (CCIA) dalam Astra Gema Islami (AGI), fungsinya untuk mempererat solidaritas sesama umat Muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam. Masjid Astra juga mengembangkan dan membina calon pemimpin agama melalui Astra Mubaligh Development Program. Melalui Lazis Amaliah Astra, YAA juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang disalurkan untuk beasiswa dan modal wirausaha masyarakat.
  6. Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT)
    Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT) didirikan pada tahun 2008, memiliki visi "Menjadi lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan operator alat-alat berat terbaik di dunia."
    Melalui UT School (YKB UT) menjadi wadah pelaksanaan program pendidikan yang secara intensif mempersiapkan operator dan mekanik alat berat yang professional dan terampil sesuai persyaratan internasional. Tersebar di seluruh Indonesia, YKB UT dalam bentuk UT School tidak hanya menyelenggarakan berbagai program pendidikan jangka panjang dan program pelatihan jangka pendek sesuai kebutuhan perusahaan Grup Astra dan pelanggan secara khusus, tapi juga mendukung pengembangan sekolah kejuruan dalam rangka mendorong peningkatan mutu dan standar industri nasional.
  7. Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR)
    Yayasan Pendidikan Asta Michael D. Ruslim (YPA-MDR) didirikan pada tahun 2009 dengan nama Yayasan Astra Bina Pendidikan. Pada tahun 2010, Yayasan Astra Bina Pendidikan berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim untuk menghormati Presiden Direktur Astra, Bapak Michael D. Ruslim.
    Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Yayasan Pendidikan Asta Michael D. Ruslim (YPA-MDR) didirikan pada tahun 2009 dengan nama Yayasan Astra Bina Pendidikan. Pada tahun 2010, Yayasan Astra Bina Pendidikan berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim untuk menghormati Presiden Direktur Astra, Bapak Michael D. Ruslim.
  8. Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL)
    Menjadi salah satu sekolah terbaik di wilayah operasional perkebunan setempat serta peduli pada kelestarian lingkungan hidup berbasis pendidikan karakter, YAAL berkomitmen memberikan pendidikan yang lebih baik bagi keluarga karyawan dan masyarakat sekitar serta menghasilkan siswa-siswi lulusan dengan prestasi akademik yang berkualitas, inovatif, berkarakter, peduli terhadap keselamatan, kesehatan, dan lingkungan. YAAL membangun sekolah dari TK hingga SMP berikut pendampingan manajemen sekolah, membangun rumah bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya, menyediakan sarana prasarana sekolah berikut bus sekolah dan memberikan pelatihan bagi tenaga pengajar secara berkesinambungan disesuaikan dengan perkembangan pendidikan terkini.
  9. Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara (PAMA)
    Yayasan Insan Mulia Pama (YIMP) dibentuk pada tahun 2014 dengan visi untuk memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan perusahaan dan masyarakat melalui pembentukan karakter karyawan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Fokus program Yayasan Insan Mulia Pama yaitu melakukan pengelolaan terhadap infak, zakat, shadaqah, penyelenggaraan dakwah dan kajian serta penyelenggaraan program sosial kemasyarakatan. Program kegiatan yang dilaksanakan saat ini meliputi: Pengumpulan dana umat (Zakat, infaq & Shadaqoh), Dakwah dan Donasi Bidang Sosial.

LFA & APA
Lomba Foto Astra, yang memasuki tahun ke delapan pada tahun ini, merupakan sebuah ajang untuk mengapresiasi kecintaan masyarakat Indonesia dalam bidang fotografi.

Anugerah Pewarta Astra, yang diadakan untuk kedua kalinya pada tahun ini, merupakan bentuk apresiasi untuk jurnalis dan masyarakat umum di Indonesia atas karya tulis tentang kontribusi Astra untuk bangsa.

Melalui LFA dan APA, Astra berharap masyarakat dapat menggambarkan karya nyata Astra dalam perjuangannya demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Berikut total hadiah yang dapat dimenangkan oleh peserta LFA dan APA:

Juara I:4 Honda CB150R Streetfire Special Edition
Juara II:4 Honda Beat
Juara III:4 Dji Osmo X3
Juara Harapan I:4 GoPro Hero4 Silver
Juara Harapan II:4 Nikon Coolpix AW130
Juara Favorit untuk 40 orang:@ 1 Canon PowerShot SX-410 IS

Untuk ketentuan yang lebih detail tentang kedua lomba ini serta informasi tentang pendaftaran, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi www.satu-indonesia.com.

Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Astra, sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957 senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Galeri :

Foto 1

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kanan) didampingi Head of Environment & Social Responsibility Astra Riza Deliansyah (kedua kiri) dan Head of Public Relations Astra Yulian Warman (kiri) mewarnai batik bermotif logo Inspirasi 60 Tahun Astra hasil karya siswa-siswi sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada acara media gathering Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia: Berbagi Inspirasi 60 Tahun (1/8).

Foto 2

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kiri) didampingi Head of Environment & Social Responsibility Astra Riza Deliansyah (kanan) dan Head of Public Relations Astra Yulian Warman (tengah) memperlihatkan plakat akrilik bertuliskan Inspirasi 60 Tahun Astra hasil karya mahasiswa Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) Polman Astra pada acara media gathering Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia: Berbagi Inspirasi 60 Tahun (1/8).

Foto 3

Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (keenam kanan) didampingi Head of Environment & Social Responsibility Astra Riza Deliansyah (keenam kiri) dan Head of Public Relations Astra Yulian Warman (kelima kanan) bersama Ketua dan Pengurus Yayasan Grup Astra pada acara media gathering Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia: Berbagi Inspirasi 60 Tahun (1/8).