Menteri Eko Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar
Share

Siaran Pers

Menteri Eko Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar

MAKASSAR: Sesuai dengan poin ketiga Nawacita, salah satu cita-cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari wilayah terluar dan pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa. Hal ini jugalah yang menjadi fokus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo.

Disampaikan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Makassar pada hari ini (18/11), Indonesia tahun ini telah menjadi salah satu negara dengan GDP di atas US$1 triliun. Pencapaian ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi nomor 15 terbesar di dunia. Bahkan, banyak analis memperkirakan, Indonesia dapat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor 4-8 di dunia pada tahun 2030. Namun, hal ini tidak bisa tercapai jika berbagai masalah sosial yang ada tidak diatasi, karena akan sulit membangun negara di atas ketimpangan-ketimpangan yang ada.

Dalam sambutannya, Menteri Eko mengatakan masih ada 40% dari desa di Indonesia masuk dalam kategori tertinggal dan sangat tertinggal. Sekitar 27 juta rakyat Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan dan 27% dari anak balita berpotensi kekurangan gizi, yang memengaruhi bukan hanya fisik mereka tapi juga kemampuan mereka untuk bisa sekolah lebih dari kelas 6 SD. Ini berarti dalam 40 tahun ke depan, masih ada angkatan kerja yang tidak mampu mencari kerja karena keterbatasan mereka.

“Semua ini adalah tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah Indonesia. Karena itu saya bersyukur dan berterima kasih kepada Astra yang selama 60 tahun ini ikut peduli dan berpartisipasi untuk mengentaskan kemiskinan di desa dan pelosok Indonesia melalui program CSR. Saya juga ingin mengajak Astra untuk bukan hanya memberikan CSR, tapi mungkin dapat bekerjasama mencari model bisnis yang dapat menguntungkan masyarakat

kecil di desa-desa, sehingga desa semakin berkembang dan pada saat yang sama juga mendorong Astra semakin berkembang,” tutur Menteri Eko.

Festival Kesehatan

Menteri Eko didampingi Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan pada pagi ini sekaligus membuka Festival Kesehatan yang diadakan PT Astra International Tbk dalam rangka rangkaian roadshow 60 Tahun Astra.

Festival Kesehatan yang dimeriahkan dengan Talkshow Kesehatan ini menghadirkan pembicara Founder Volunteer Doctors sekaligus Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 kategori Kesehatan dr. Dani Ferdian, Ketua bidang Kualitas Keluarga OASE KK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes.

Selain mengadakan talkshow yang dihadiri oleh lebih dari 400 tamu undangan, Astra juga menandatangani MoU Program Corporate Social Responsibility dalam Pengembangan Desa dan Daerah Tertinggal. Penandatanganan dilakukan antara Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi dengan Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

Selain itu, Astra juga menyerahkan donasi berupa 1.500 pasang sepatu untuk Kabupaten Buru Selatan, 2.000 pasang sepatu kacamatan untuk Kabupaten Maluku Tenggara dan Barat serta 2.000 pasang sepatu dan 800 tas untuk Kabupaten Jeneponto. Dengan adanya donasi ini, sampai dengan tahun 2017, Astra telah mendonasikan total 4.039 tas dan 14.200 pasang sepatu dalam program Generaksi Cerdas Indonesia serta 17.535 pasang kacamata dalam Generaksi Sehat Indonesia.

Resmikan Lorong Sehat & Hijau KBA Rappocini

Bersamaan dengan dilaksanakannya Talkshow Kesehatan di Hotel Rinra, Walikota Makassar Ramadhan Pomanto dan Chief of Corporate Finance & Accounting PT Astra International

Tbk Endro Wahyono juga meresmikan Lorong Sehat dan Lorong Hijau di Kampung Berseri Astra (KBA) Rappocini, Makassar, melalui penandatanganan prasasti.

“Ini merupakan momentum yang luar biasa. Kami bermimpi banyak perusahaan-perusahaan besar mendukung program pemerintah. Masuknya Astra melalui KBA ini mendukung gerakan lorong ini, karena ini merupakan cara kami dalam membangun kota. Hal itu juga sejalan dengan Nawacita. Melalui lorong, kami mengembangkan suatu kota karena sel-sel di dalam lorong inilah yang dapat menjadi indikator kemajuan kota itu sehat atau mati,” tutur Walikota Ramadhan Pomanto.

KBA Rappocini yang telah dibina Astra sejak tahun 2016 merupakan salah satu dari 67 KBA yang saat ini berada di 30 provinsi di seluruh Indonesia. KBA merupakan daerah percontohan dan binaan yang memiliki lingkungan bersih, hijau serta dihuni masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. KBA yang ditargetkan akan dimiliki oleh seluruh 34 provinsi di Indonesia diharapkan dapat mencerminkan empat pilar CSR Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Peresmian Lorong Sehat dan Lorong Hijau juga diramaikan dengan berbagai perlombaan seperti Lomba Hias Olahan Sehat khas Makassar (Songkolo Bagadang) dan Lomba Permainan Tradisional Sehat. Pengunjung yang ditargetkan mencapai 750 orang juga dapat menikmati bazaar UKM Sehat dan layanan pengobatan serta pemeriksaan mata gratis.

Talkshow IAABL

Selain talkshow mengenai kesehatan, Festival Kesehatan juga diisi dengan talkshow Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Talkshow IAABL ini diisi oleh Pebalap Nasional Rally Marina, Dirlantas Polda Sulsel Agus Wijayanto dan Chief Operating Officer Astra Motor Octavianus Dwi.

Dibuka oleh Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso, sekitar 400 peserta yang merupakan anggota komunitas roda 2 dan

4, komunitas pemuda serta mahasiswa di kota Makassar juga dapat mengikuti sosialisasi Bahaya Narkoba oleh BNN Provinsi Sulawesi Selatan Rosnifai, SKM, M.Kes dan Ida Putriani, SE. T ksh.

Rangkaian HUT 60 Tahun di 5 Kota

Sebelum Makassar, Astra telah melakukan rangkaian HUT 60 tahun di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya dan Medan.

Pada setiap peringatan HUT di kota-kota tersebut, Astra mengusung tema berbeda tetapi tetap fokus pada pilar kegiatan kontribusi sosial (corporate social responsibility) Astra, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

HUT 60 tahun Astra di Yogyakarta mengusung tema “Astra Hijau” dengan implementasi “Jambore Adiwiyata” dan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi yaitu pada tanggal 28-30 April 2017.

HUT 60 tahun Astra di Balikpapan bertajuk “Astra Cerdas” menghadirkan Festival Pendidikan sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017.

Tak berhenti sampai di situ, HUT 60 tahun Astra di Surabaya mengusung tema yang tak kalah menarik, yaitu “Astra Kreatif”. Tema tersebut terwujud dalam festival bertajuk “Entrepreneur Fest” dan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2017, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional.

Pada 22-24 September 2017 di Medan, kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra mengadakan Festival IAABL. Melalui serangkaian kegiatan IAABL ini, Astra kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Sebagai kota terakhir dalam rangkaian HUT 60 tahun, Makassar akan menghadirkan berbagai kegiatan dengan tema “Astra Sehat” dan dilangsungkan pada 17-19 November 2017.

Pada prinsipnya, dimanapun Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan sejalan dengan filosofi perusahaan, Catur Dharma.