Inspirasi Semangat Pemuda Indonesia Dari Resika & Jerome Polin
Share

Siaran Pers

Inspirasi Semangat Pemuda Indonesia Dari Resika & Jerome Polin

JAKARTA: Semangat dari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur serta berdaulat. Sebuah visi mulia yang digagas para pemuda saat itu pada masa pra-kemerdekaan.

Semangat yang serupa datang dari seorang wanita muda asal Banyumas, Jawa Tengah, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 yang bernama Resika Caesaria. Melalui usaha cimolnya, Cika, panggilan akrabnya, memberikan penawaran yang luar biasa: waralaba gratis. Alhasil, dalam waktu 15 tahun, Cika memiliki 400 mitra.

“Iya kami sebut mitra, karena ini kan kerja sama. Bukan aku bosnya di sini, tapi mereka menjadi bos untuk mereka sendiri. Kalau mau dapat hasil [penjualan] yang tinggi, ya silakan yang rajin. Tapi kalau tidak, ya akan sedikit dapatnya,” tutur Cika.

Itulah semangat yang terus dikobarkan oleh Cika dalam kehidupan sehari-harinya dan juga pada webinar bertema “Seman gat Pemuda Indonesia” bersama content creator Jerome Polin pada hari ini (11/10) melalui channel Youtube SATU Indonesia.

Webinar ini merupakan hasil kolaborasi Astra bersama GK|Hebat akselerator yang membantu pelaku usaha mikro kecil dengan dipandu oleh host dan presenter Patricia Gouw.

Pada webinar ini, Cika berbagi pengalamannya menyeleksi mitranya. Hanya mereka yang belum memiliki pekerjaan dan termasuk golongan kurang mampu yang bisa menerima peluang usaha cuma-cuma ini.

“Karena dari awal niat kami adalah membantu yang membutuhkan. Orang-orang yang membutuhkan inilah yang mau berjuang sekuat tenaga untuk meningkatkan taraf hidupnya masing-masing,” tambah Cika.

Semangat Berjuang Meraih Yang Terbaik
Sementara itu, Jerome Polin berbagi cerita tentang semangatnya dalam berjuang meraih beasiswa kuliah di salah satu universitas terkemuka di Jepang. Perjuangan mendapatkan beasiswa itu ia lakukan sejak duduk di bangku SMA. Jerome terus belajar hingga dicap sebagai kutu buku sangat rajin belajar di manapun, bahkan di angkutan umum.

“Benar-benar niat aku waktu dulu. Aku nggak main media sosial. Bisa dibilang aku kurang bergaul, ketika jam istirahat aku ke perpustakaan mengerjakan soal matematika. Pada saat pulang sekolah, aku langsung pulang ke rumah dan di angkot pun aku belajar,” ujar Jerome menceritakan pengalamannya. Kini Jerome memiliki akun Nihongo Mantappu yang subscriber-nya mencapai 4,6 juta. Isi kontennya mayoritas keseharian Jerome di Jepang yang menghibur sekaligus mengedukasi.

Semangat Cika dan Jerome dalam meraih cita-citanya sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 194.359 karyawan, berdasarkan data Juni 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 112 Kampung Berseri Astra dan 753 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia)