Dukung Pendidikan Berkualitas, Astra Serahkan Hibah Gedung Science & Techno Park ITB
Share

Siaran Pers

Dukung Pendidikan Berkualitas, Astra Serahkan Hibah Gedung Science & Techno Park ITB

JAKARTA: Seiring dengan kontribusi dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia, Astra pada hari ini (2/11) menyerahkan bantuan berupa hibah pembangunan fasilitas pendidikan Gedung Science and Techno Park (STP) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada kesempatan itu, ITB juga menyerahkan plakat penghargaan untuk Astra. Penyerahan plakat penghargaan dilakukan oleh Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Turut hadir dalam acara tersebut Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Kami berkomitmen untuk memanfaatkan fasilitas ini yang merupakan sumbangsih dari Astra. Gedung STP ini menjadi tempat bertemunya para peneliti, inovator, industri untuk kita bersama- sama membantu bangsa kita menghasilkan inovasi,” ujar Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Reini Wirahadikusumah Ph.D dalam sambutannya.

“Kehadiran Gedung Science & Techno Park ITB ini diharapkan menjadi wadah dalam pembuatan inovasi serta mendukung dalam realisasi inovasi tersebut, sehingga menciptakan SDM unggul dan tangguh” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Fasilitas pendidikan di ITB tersebut memiliki bangunan enam lantai dengan luas bangunan total 4.007,02 meter2 dan akan dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan riset, pendidikan serta program inkubator industri yang memfasilitasi pembinaan pelaku bisnis rintisan.

Berlokasi di Jalan Ganesha No.15 Kota Bandung, gedung hasil kolaborasi swasta ini berkonsep green building ramah energi dilengkapi dengan ruang serba guna, ruang kantor koperasi, co- working space hingga private space. Aktivitas pada gedung ini diharapkan mampu menjadi penghubung antara para inovator kampus sebelum terjun ke dunia industri.

Dukungan pembangunan fasiltas pendidikan ini juga sejalan dengan salah satu pilar kontribusi sosial Astra di bidang pendidikan, yakni Astra Untuk Indonesia Cerdas. Implementasi Astra Untuk Indonesia Cerdas hingga saat ini meliputi, pembinaan dan pengembangan jenjang pendidikan yang menjangkau: pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah, perguruan tinggi, pendidikan berkebutuhan khusus hingga pendidikan untuk aman berlalu lintas, yang telah tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Hingga September 2021, Astra telah membina 21.535 sekolah, 3.320 sekolah menengah kejuruan,
58.400 guru, dan menyalurkan 270.522 beasiswa.

Berbagai kontribusi Astra di bidang pendidikan di Indonesia ini sejalan dengan tujuan keempat Sustainable Development Goals, yakni Pendidikan Berkualitas, dan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 241 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 186.237 karyawan, berdasarkan data September 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 493 anak muda, yang terdiri dari 81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia).