Dukung Pasar Murah Ramadan Untuk Masyarakat, Astra Siapkan 50.000 Paket Sembako
Share

Siaran Pers

Dukung Pasar Murah Ramadan Untuk Masyarakat, Astra Siapkan 50.000 Paket Sembako

DEPOK: PT Astra International Tbk pada hari ini (15/6) berpartisipasi dalam mendukung program Pasar Murah Ramadan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) sebagai aksi sosial membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1438 H.

Dalam pelaksanaan Pasar Murah Ramadan di tahun ini, Astra membantu penyediaan 50.000 paket sembako senilai Rp 5 miliar. Secara total, Astra akan berpartisipasi di lebih dari 100 lokasi di 16 provinsi yaitu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Barat dan Sumatra Selatan. Sebanyak 40 lokasi di antaranya akan digelar di Kampung Berseri Astra (KBA).

Saat membuka acara Pasar Murah Ramadan di Kemendag pada 7 Juni 2017, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah dengan dukungan pelaku usaha berupaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok, terutama menjelang Lebaran, salah satunya dengan mengurangi rantai distribusi. “Pasar murah ini akan diadakan di 395 lokasi di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kami berharap masyarakat mendapatkan harga kebutuhan pokok yang lebih terjangkau,” tutur Menteri Enggartiasto.

“Partisipasi Astra dalam Program Pasar Murah Ramadan ini merupakan wujud nyata kami dalam memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Hal ini sesuai dengan filosofi Astra Catur Dharma butir pertama, yakni Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara,” tutur Chief of Corporate Communications, Social Responsibility and Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas dalam pembukaan acara Pasar Murah Ramadhan di Universitas Indonesia, Depok, hari ini.

Dalam pasar murah ini, masyarakat dapat membeli paket sembako senilai Rp 100.000 dengan harga Rp 50.000 per paket melalui kupon yang telah disiapkan. Seluruh hasil pembelian sembako akan disumbangkan ke pondok pesantren, yayasan, atau organisasi masyarakat setempat yang telah disepakati oleh Astra dan Kemendag. Setiap paket sembako terdiri dari gula pasir 2 kg @Rp 12.500, beras 2 kg @Rp 10.000, minyak goreng 2 liter @Rp 11.000, tepung 2 kg @Rp 10.000 dan sirup manis 1 botol Rp 13.000.

Selain di Universitas Indonesia, Depok, Astra akan menggelar pasar murah di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy, Lawean, Surakarta, pada Minggu (18/6) yang rencananya dihadiri oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

13.461 Paket Sembako di Jabodetabek

Grup Astra juga telah menyiapkan 13.461 paket sembako untuk masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Khusus untuk wilayah Jakarta Utara, Astra International juga membagikan 4.845 paket sembako serta santunan masing-masing sebesar Rp 150.000 kepada 200 anak yatim dari empat kelurahan, yaitu Kebon Bawang, Sungai Bambu, Warakas dan Papanggo.

Keseluruhan bantuan tersebut nilainya mencapai Rp 1,57 miliar. Program pemberian sembako dan santunan anak yatim pada bulan Ramadan ini telah dijalankan Grup Astra sejak tahun 1990-an.

Melalui kegiatan CSR yang dilakukan di Jakarta Utara, pada tahun ini Astra telah menyalurkan lebih dari 2.400 paket beasiswa untuk murid SD, SMP dan SMA tahun ajaran 2016/2017.

Pada prinsipnya, di manapun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai degan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu, Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.