Desa Sejahtera Astra Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat 56 Desa di 6 Kabupaten di Jawa Barat
Share

Siaran Pers

Desa Sejahtera Astra Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat 56 Desa di 6 Kabupaten di Jawa Barat

JAWA BARAT: Melalui program kontribusi sosial berkelanjutan Desa Sejahtera Astra, Astra secara bertahap menyerahkan bantuan senilai total Rp4 miliar untuk 56 desa di enam kabupaten yang tersebar di Jawa Barat.

Bantuan, yang diserahkan Desa Sejahtera Astra sejak enam bulan lalu itu, berupa pelatihan, pendampingan serta alat produksi guna mengangkat taraf hidup masyarakat di sekitar kebupaten tersebut. Pendampingan untuk pengembangan keterampilan dan keahlian masyarakat di desa setempat dilakukan Desa Sejahtera Astra bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor.

"Astra senantiasa berinisiatif mengembangkan kewirausahaan masyarakat melalui Desa Sejahtera Astra di antaranya di Garut. Langkah ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas.

Sebagai bagian dari bantuan tersebut, sebanyak 15 Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada hari Sabtu (8/2) menerima bantuan senilai Rp300 juta untuk meningkatkan kualitas produk kopi, peternakan sapi dan sayur-sayuran dari tiap-tiap desa binaan.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Desa Sejahtera Astra Mekar Jaya, Kabupaten Garut, dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut AJI Sukarmaji, Kepala Bidang DPMD Jawa Barat Firman Oktaviana, perwakilan dari Astra Bondan Susilo, dan perwakilan Grup Astra Tasikmalaya Yohannes Kurniawan.

Untuk produk kopi, Astra menyerahkan bantuan berupa alat pengukur kemanisan, greenhouse untuk menjemur kopi, dan perlengkapan pengelolaan kopi. Untuk ternak sapi, bantuan berupa pemberian kandang sapi, mesin pencacah untuk pembuatan pakan dan peralatan penunjang. Serta alat penunjang pertanian untuk sayur-mayur.

Tercatat 2.500 masyarakat dari 15 Desa Sejahtera Astra Kabupaten Garut telah berpartisipasi untuk meningkatkan produk unggulan tiap-tiap desa.

Produk-produk yang layak untuk dipasarkan dikembangkan oleh IPB dan diberikan kepada off-taker melalui applikasi Desa Sejahtera Agro dengan nilai yang sesuai. Hal ini dapat membantu tujuan Astra dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di 15 Desa Sejahtera Astra Kabupaten Garut.

Festival Angin di Desa Sejahtera Astra Cibuluh

Pada kesempatan yang sama, Astra melalui Desa Sejahtera Astra Cibuluh, Kabupaten Subang, Jawa Barat, melakukan pembukaan Festival Angin bersamaan dengan hari ulang tahun desa yang ke-92. Proses menyambut musim angin barat dari arah laut Jawa Indramayu menuju area selatan Jawa, merupakan tradisi tahunan bagi masyarakat setempat.

Festival Angin yang diberikan tema Murba Bayu (kuasa dan angin) berlangsung selama bulan Februari 2020. Seluruh perkampungan dari DSA Cibuluh dengan jumlah penduduk 5.221, menjadikan baling-baling bambu, layangan, dan bendera sebagai penghias utama.

Mengingat pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, Astra turut meramaikan Festival Angin dengan mengajak para komunitas sepeda dari wilayah Bandung serta beberapa komunitas budaya, guru-guru seni budaya dan para mahasiswa fakultas seni dari kampus Universitas Pendidikan Indonesia untuk memperkenalkan dan meramaikan Desa Wisata Cibuluh.

Kemeriahaan Festival Angin akan terus berlangsung melalui paparan aneka seni rakyat dari tanggal 15 hingga 16 Februari 2020, dilanjutkan dengan jelajah kampung dari 22 hingga 23 Februari 2020, dan ditutup pada akhir Februari 2020.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications

PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.105 karyawan, berdasarkan data Desember 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 86 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.