Astra Serahkan Bantuan Tahap Kedua Rp30 Miliar Cegah Penyebaran COVID-19
Share

Siaran Pers

Astra Serahkan Bantuan Tahap Kedua Rp30 Miliar Cegah Penyebaran COVID-19

SURABAYA: Setelah menyalurkan bantuan tahap awal senilai Rp63 miliar untuk mencegah penyebaran COVID-19, Astra pada hari ini (7/4) menyalurkan bantuan tahap kedua dalam bentuk donasi senilai Rp30 miliar secara bertahap kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Dengan bantuan tahap kedua tersebut, maka total bantuan dari Astra telah mencapai Rp93 miliar.

Bantuan tahap kedua tersebut merupakan kontribusi nyata dari Astra bersama-sama dengan dunia usaha lainnya seperti CT Corp-Bank Mega dan Grup Salim untuk mencegah laju penyebaran COVID-19, sekaligus memperkecil tingkat kematian, terutama bagi penderita usia lanjut. Tiga grup perusahaan tersebut menyerahkan total donasi Rp90 miliar.

“Untuk mencegah penyebaran pandemi ini harus dilakukan secara serentak oleh seluruh lapisan, baik itu pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Semoga kontribusi dari kami ini dapat bermanfaat dalam menghambat tingkat penyebaran COVID-19,” ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.

Acara dihadiri oleh Guru Besar Universitas Airlangga M. Nuh, Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Prof. dr. Nasronudin, dr. Nizar Yamanie, SpS (K) sebagai konsultan medis donasi ini dan Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Surabaya Faris Henky Irawan.

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh.

Pada tahap awal, donasi ini akan dimanfaatkan untuk membiayai pengadaan 20 tempat tidur intensive care unit (ICU) dan 100 tempat tidur kamar isolasi ketat/high care unit (HCU) di tiap-tiap rumah sakit tersebut dan ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan alat kesehatan.

Selain itu, pada tahap kedua ini Astra juga berkontribusi melalui PT Harapan Bangsa Kita untuk mendukung acara HEBAT senilai Rp113 juta dalam bentuk makanan sehat untuk tenaga medis di rumah sakit yang menangani COVID-19.

Sebelumnya, pada bantuan tahap awal, Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi sebesar Rp40 miliar melalui suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia.

Astra juga telah mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR 71) kepada Palang Merah Indonesia yang akan digunakan sebagai kendaraan penyemprot disinfektan.

Ada juga bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards dipelosok tanah air untuk turut membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah masing-masing.

Dukungan Astra dalam menangani COVID-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk “sejahtera bersama bangsa”.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.105 karyawan, berdasarkan data Desember 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 87 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).