Astra & Masyarakat Kurangi 418 ton Sampah Plastik
Share

Siaran Pers

Astra & Masyarakat Kurangi 418 ton Sampah Plastik

JAKARTA: Masyarakat dunia saat ini sebenarnya bukan hanya berjuang mengatasi pandemi COVID-19, tapi juga berupaya menghadapi masalah besar lain yaitu sampah plastik sekali pakai, yang berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar apabila tidak ditangani dengan baik.

Untuk membantu mengatasi persoalan sampah plastik sekali pakai, sejak awal tahun ini hingga akhir November, Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra telah menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di lingkungan masyarakat binaan Astra.

Melalui program ini, Astra berhasil mengurangi 418,1 ton sampah plastik, yang terdiri dari 58,1 ton di internal Grup Astra dan selebihnya sekitar 360 ton dikelola melalui 70 bank sampah binaan.

Pengurangan sampah plastik sekali pakai dimulai dari hal sederhana di seluruh perkantoran Grup Astra di tujuh lini bisnis. Seperti pengurangan botol, gelas, alat makan dan kemasan plastik di ruangan.

Bagi yang terpaksa menggunakan botol plastik sekali pakai, Grup Astra menyediakan tempat sampah khusus agar sampah plastik nantinya diolah di bank sampah binaan.

Hal yang sama dilakukan di fasilitas produksi otomotif Grup Astra. Di mana kemasan plastik diganti menjadi bahan yang bisa dipakai berkali-kali. Bahkan untuk ekspor komponen otomotif, plastik pembungkus komponen diganti menjadi sebuah kotak yang harus dikembalikan lagi agar dapat dipakai berulang untuk ekspor berikutnya.

Program-program tersebut dirancang sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam yang sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan program-program pemerintah di bidang lingkungan.

Kontribusi Astra dalam mengajak masyarakat untuk mengurangi pemakaian sampah plastik sekali pakai sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 236 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 190.087 karyawan, berdasarkan data September 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).