Astra Kembali Serahkan 10 Truk Tangki Air Untuk PMI
Share

Siaran Pers

Astra Kembali Serahkan 10 Truk Tangki Air Untuk PMI

JAKARTA: PT Astra International Tbk pada hari ini (8/2) kembali menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 10 unit truk tangki air kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bagian dari program kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang Kesehatan, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat.

Pada tahun lalu, Astra telah menyerahkan 10 unit truk tangki air kepada PMI, sehingga total bantuan truk tangki air dari Astra untuk PMI mencapai 20 unit. Dengan tambahan truk tangki dari Astra tersebut, saat ini PMI memiliki 72 unit truk tangki air.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto menyerahkan secara langsung bantuan berupa truk tangki secara simbolis tersebut kepada Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita yang disaksikan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu PMI dalam menyediakan air bersih di lokasi-lokasi darurat air bersih.

“Semoga bantuan dari Astra ini turut memperkuat PMI dalam kondisi tanggap darurat bencana. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Prijono Sugiarto.

Astra memiliki 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kesehatan, Pendidikan, Kewirausahaan dan Lingkungan.

Di bidang Kesehatan, Astra telah bekerjasama dengan PMI dalam penyerahan bantuan berupa 20.635 pasang kacamata yang dibagikan untuk anak-anak di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Sejak tahun 2014 hingga akhir tahun 2017, donasi kacamata tersebut telah didistribusikan ke sejumlah daerah antara lain Atambua-Nusa Tenggara Timur, Nunukan-Kalimantan Utara, Sabang-Banda Aceh, Entikong-Kalimantan Barat, Merauke-Papua, Natuna-Kepulauan Riau, dan Talaud-Sulawesi Utara.

Selain itu, untuk mendukung program Pemerintah “Indonesia Sehat”, salah satu bentuk nyata pelaksanaan Astra Untuk Indonesia Sehat adalah melalui pembinaan 1.989 Posyandu, pembinaan 1.726 kader kesehatan, serta 78 Kampung Berseri Astra di 34 provinsi.

Grup Astra juga berkomitmen dalam mendukung program pemerintah menangani kondisi darurat bencana alam. Personil Search and Rescue Astra (SAR Astra) yang kini berjumlah 58 personil telah diberangkatkan dalam kegiatan peduli bencana dengan nama Nurani Astra. Nurani Astra tidak terbatas pada pemberian sumbangan tahap darurat bencana seperti banjir DKI Jakarta dan sekitarnya, tetapi berlanjut pada proses rehabilitasi dan pemulihan seperti di Meulaboh (2004), Padang Pariaman (2009), DI Yogyakarta dan Jawa Tengah (2011), Manado (2014), Lombok, Palu serta Banten (2018).

Pada 2019, Astra memiliki dua program besaran dalam melaksanakan kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards dan Kampung Berseri Astra (KBA). Kini, Astra memiliki 53 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan 192 orang penerima apresiasi tingkat provinsi yang telah berkarya dalam berbagai kategori Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi dan Kelompok. Astra juga membina 78 KBA di 34 provinsi di Indonesia dan juga 363 Desa Sejahtera Astra di 22 provinsi di Indonesia.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Pada prinsipnya, apapun kegiatan yang dilakukan Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications

PT Astra International Tbk

Telp. 021-652 2555

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 226 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.140 karyawan, berdasarkan data Desember 2018.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).