Astra Half Marathon Ajak 4.000 Pelari Kurangi Sampah Plastik
Share

Siaran Pers

Astra Half Marathon Ajak 4.000 Pelari Kurangi Sampah Plastik

TANGERANG: Matahari belum menunjukkan penuh wajahnya, udarapun masih terasa sejuk. Ribuan orang bersepatu lari tampak berdiri rapi membentuk barisan panjang. Ketika waktu menyentuh pukul 05.00 WIB, bendera Astra Half Marathon pun dikibarkan.

Astra melalui komunitas pelari Grup Astra, Astra Runners, pada hari ini (3/11) untuk pertama kalinya mengadakan sebuah lomba lari half marathon yang diikuti 4.000 pelari. Selain untuk mengampanyekan gaya hidup sehat, Astra Half Marathon yang digelar di Astra Biz Center BSD ini juga mengajak pelari turut melestarikan lingkungan dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Flag-off Astra Half Marathon, yang bertepatan dengan HUT ke-6 Astra Runners, dilakukan oleh Direktur Astra Suparno Djasmin bersama pembina Astra Runners yang merupakan eksekutif Grup Astra. Dalam sambutannya, Suparno Djasmin menyampaikan bahwa Astra Runners merupakan salah satu komunitas olah raga yang dibina Astra.

“Kolaborasi Grup Astra dan masyarakat luas melalui Astra Half Marathon ini bertujuan menjadikan lomba lari ini sebagai gerakan berkesinambungan dan berkontribusi untuk Indonesia maju. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” tambah Suparno Djasmin.

Astra Half Marathon mengusung tema #InspiringMove yang artinya bergerak dan membuat kemajuan. Hal ini diwujudkan melalui penggunaan tagline Astra Runners yaitu We Run, We Care, We Share.

We Run, Astra Runners meningkatkan kualitas lomba lari tahunannya. Tidak hanya kategori 5K dan 10K tetapi ada juga half marathon 21K serta dibuka untuk masyarakat umum pertama kalinya.

We Care, Astra Runners mengajak seluruh peserta lomba lari untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan sampah plastik di laut.

We Share, setiap peserta otomatis berdonasi Rp50.000 saat mendaftar dan dana tersebut akan digunakan untuk membantu membersihkan pantai di sekitar Kampung Berseri Astra di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Seluruh peserta juga dapat menikmati berbagai hiburan dan hadiah. Setiap pelari yang mencapai garis finish di bawah cut-off time akan mendapatkan medali, minuman ion, air mineral, pisang dan kudapan sehat. Khusus bagi pemenang jarak 21K akan mendapatkan finisher tee dan akses ke area eksklusif yang menyediakan ice bed serta fisioterapi.

Total Hadiah Rp100 juta

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp100 juta. Belum termasuk doorprize untuk para pelari yang beruntung, yaitu satu motor Honda Adv, satu motor Honda PCX serta satu iPhone Xs Max serta beragam hadiah hiburan seperti smartphone, smartwatch, dan voucher belanja.

Astra Half Marathon diawali dengan konferensi pers pada 3 September, lalu race pack collection yang diselenggarakan pada 24 dan 25 Oktober di Menara Astra. Setiap peserta mendapatkan nomor BIB, baju lari, dan shower gel yang dimasukkan ke dalam sebuah kantung ramah lingkungan tanpa menggunakan pembungkus plastik.

Menurut riset McKinsey, 80% sampah di laut diakibatkan oleh ulah manusia. Masyarakat di dunia menghasilkan 3,5 juta ton sampah padat per hari. Indonesia sendiri menghasilkan 67 juta ton sampah pada tahun ini, yang 20% merupakan sampah plastik. Kekhawatiran itulah yang menginspirasi Astra Runners untuk mengajak para pelari bergerak dan berbuat sesuatu yang nyata.

Guna meningkatkan kenyamanan dalam berlari, Astra Half Marathon menyediakan beberapa fasilitas pendukung mulai dari mobil ambulans dan paramedis motor, sembilan hydration point, dua fruit station, dua healthy bar station, dua sponge station, hingga cheering area. Selain itu, semua pelari mendapat asuransi I-sport dari Astra Life dengan nilai sampai Rp50 juta.

Fasilitas lain yang diperoleh peserta Astra Half Marathon adalah dapat mengetahui catatan waktu secara realtime melalui teknologi dari Mylaps di www.scorenow.co.id dan dapat mengunduh e-certificate yang berisi nama dan catatan waktu, sehingga tercantum jelas catatan larinya dan dapat dibandingkan dengan pelari lain.

Tentunya acara ini merupakan hasil sinergi Grup Astra beserta mitra lain seperti Pocari Sweat, Soyjoy, Sunpride, Original Source dan Salonpas. Semangat dalam bersinergi ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 234 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.504 karyawan, berdasarkan data September 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 85 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.