Astra Green Energy Summit 2021 Dukung Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca
Share

Siaran Pers

Astra Green Energy Summit 2021 Dukung Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

JAKARTA: Seiring dengan peringatan Hari Energi Dunia 2021, Astra pada hari ini (5/11) mengadakan Astra Green Energy Summit 2021 dengan tema “Aksi Nyata Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan melalui Optimalisasi Energi” sebagai wujud dukungan Astra terhadap program konservasi dan efisiensi energi di lingkungan perusahaan-perusahaan Grup Astra.

Turut hadir Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arifin Tasrif, Koordinator Penyiapan Program Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Tony Susandy, S.T., M.B.A., dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan pentingnya peran sektor swasta dalam mendorong transisi energi menuju energi yang lebih bersih di Indonesia.

“Astra sebagai perusahaan yang meguasai lini bisnis pada sisi pasokan dan pemanfaatan energi memiliki peran penting untuk bersinergi mendukung program dan kebijakan pemerintah Indonesia dalam membangun energi hijau dengan ikut terlibat secara langsung memberikan sumbangsih dalam kegiatan pengembangan EBT dan konservasi energi serta penerapan teknologi efisiensi energi di perusahaan,” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menambahkan kontribusi Grup Astra melalui program Astra Green Energy (AGEn) diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi efek perubahan iklim.

“Semoga seluruh upaya pengelolaan energi melalui program AGEn dapat memberikan manfaat dalam mendukung penanggulangan dampak perubahan iklim di Indonesia lewat pengurangan emisi GRK sebesar 495.000 ton CO2 ekuivalen, penghematan energi sebesar 5.622 terajoule, dan penurunan biaya operasional hingga Rp1,5 triliun sejak tahun 2015 hingga 2021,” tuturnya dalam sambutan secara virtual.

Sejak tahun 2015, Astra terus mengupayakan implementasi program penghematan energi dan percepatan penggunaan sumber energi baru terbarukan (EBT) serta penerapan teknologi hemat energi melalui program AGEn. Melalui program ini, Astra menjadikan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai salah satu acuan, khususnya tujuan ketiga belas tentang penanganan perubahan iklim.

Hal tersebut dilakukan pada kegiatan mitigasi dampak perubahan iklim yang dilakukan oleh perusahaan Grup Astra dengan salah satu fokus pada kontribusi terhadap upaya penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) untuk mendukung tercapainya peta jalan energi sesuai Rencana Umum Energi Nasional dan penurunan emisi GRK sesuai Nationally Determined Contribution Indonesia.

49 Perusahaan Grup Astra Terapkan Penghematan Energi dan Penggunaan EBT

Melalui program AGEn yang dilaksanakan di 49 perusahaan dan lebih dari 101 instalasi, Astra terus mengupayakan implementasi program penghematan energi dan penggunaan sumber EBT yang turut berkontribusi terhadap penurunan emisi GRK. Pada tahun 2020, Astra telah memenuhi komitmen untuk menurunkan intensitas konsumsi energi dan emisi GRK sebesar 2,5% dibandingkan tahun sebelumnya.


Berbagai upaya dalam melaksanakan konservasi energi dan upaya efisiensi terbaik di lingkungan Grup Astra dibahas dalam sesi AGEn Talk yang diisi oleh Koordinator Penyiapan Program Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Tony Susandy, S.T., M.B.A., beserta eksekutif Grup Astra yang kompeten di bidangnya. Di sesi terakhir, kegiatan Astra Green Energy Summit 2021 ditutup dengan apresiasi kepada ahli energi Grup Astra.

Melalui rangkaian acara ini, Astra ingin menekankan pentingnya pengelolaan energi sebagai salah satu strategi utama dalam mewujudkan tercapainya SDGs di bidang lingkungan hidup.

Kontribusi Astra dalam mengurangi dampak perubahan iklim sejalan dengan SDGs dan cita- cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

Tentang Astra:
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 241 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 186.237 karyawan, berdasarkan data September 2021.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kedua belas dan telah mengapresiasi 493 anak muda, yang terdiri dari 81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia).