Aksi Hijau Kampung Berseri Astra Cidadap Dukung Konservasi Stone Garden Geo Park
Share

Siaran Pers

Aksi Hijau Kampung Berseri Astra Cidadap Dukung Konservasi Stone Garden Geo Park

PADALARANG: Astra mengadakan berbagai kegiatan ramah lingkungan di Kampung Berseri Astra, Cidadap, di Padalarang, Jawa Barat, pada hari ini (22/11) guna mendukung pelestarian destinasi wisata ekoturisme Stone Garden Geo Park.

Kampung Berseri Astra merupakan salah satu program utama kontribusi sosial berkelanjutan Astra. Di Kampung Berseri Astra Cidadap terdapat berbagai kegiatan pelestarian lingkungan seperti pembibitan tanaman, pembuatan kompos, biogas, pengelolahan tumbuhan hidroponik, bank sampah, dan mini gallery sebagai UMKM yang menyediakan karya warga sekitar. Pada aksi hijau hari ini, Astra juga menanam 600 bibit pohon trembesi di area konservasi Stone Garden Geo Park.

Berawal dari pengembangan Stone Garden Geo Park, pada tahun 2017 Astra melanjutkan pembinaan ke Kampung Berseri Astra Cidadap.

“Astra turut berkontribusi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Melalui berbagai kegiatan di bidang lingkungan, Astra telah menanam lebih dari 5 juta pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” tutur Chief Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas.

Kegiatan Kampung Berseri Astra Cidadap yang diinisiasi oleh Grup Astra merupakan wujud nyata kontribusi Astra di bidang lingkungan, karena kerusakan lingkungan di area sekitar Kampung Berseri Astra Cidadap merugikan masyarakat.

Adalah Deden Syarif Hidayat, sebagai nakhoda komunitas Forum Peduli Karst Citatah (FP2KC), yang memberanikan diri untuk membenahi lingkungan sekitarnya dengan mengembangkan kampung berbasis konservasi yang dapat memberikan peluang mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitarnya.

Pria yang akrab dipanggil Kang Deden ini menggerakkan anak muda di sekitarnya untuk memulihkan lingkungan dan membuka peluang mata pencaharian baru. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah setempat untuk melestarikan karst Citatah, membangun kesadaran masyarakat, mengembangkan potensi daerah seperti pemanfaatan sumber daya alam lokal tanpa merusak lingkungan.

Kegiatan di bidang lingkungan di Kampung Berseri Astra Cidadap meliputi pengelolaan sampah organik (komposter cair, padat dan gas) dan nonorganik (bank sampah, kerajinan tangan berbahan limbah maupun sampah), budi daya tanaman secara terpadu (hidroponik, pembibitan, aquaponik, tanaman obat keluarga dan tanaman buah dalam pot), gerakan penghijauan, serta ketahanan pangan di Pekarangan Rumah (rumah hijau) dan berwarna (penanaman pohon, tanaman dan sayuran, Pranaraksa Astra).

Di bidang pendidikan, Kampung Berseri Astra Cidadap membina posyandu, pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar mengenai lingkungan, kesehatan dan seni budaya. Di bidang kesehatan, Kampung Berseri Astra Cidadap juga membantu penyediaan air bersih untuk penghijauan dan keperluan rumah tangga, terutama saat kemarau (sumur bor)

Serta di bidang kewirausahaan, pemberdayaan masyarakat di bidang usaha rumahan ramah lingkungan dan inovatif.

Edukasi di Kampung Berseri Astra Cidadap bertujuan menjadi contoh sekaligus pembinaan yang terus-menerus bagi masyarakat, sehingga masyarakat memiliki pola pikir dan sikap ramah lingkungan, serta mampu memaksimalkan potensi daerahnya menjadi bernilai ekonomis dan pendidikan yang berkelanjutan. Tujuannya untuk dapat melebar ke kampung lain dan dapat dikunjungi sebagai wahana pembelajaran oleh pihak lain yang berkepentingan.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications

PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 234 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.504 karyawan, berdasarkan data September 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 86 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.