40 Karya Terbaik Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019
Share

Siaran Pers

40 Karya Terbaik Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019

JAKARTA: Kolaborasi Astra dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) untuk pertama kalinya memberikan apresiasi kepada para pemenang Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 yang telah berhasil mengabadikan momentum dan mengangkat cerita sesuai dengan tema Indonesia Bicara Baik melalui Ikon Kebanggaan Bangsa.

Astra berharap pelaksanaan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra, yang diadakan sejak 16 September 2019 hingga 31 Desember 2019, dapat terus menginspirasi masyarakat, rekan-rekan jurnalis, maupun blogger yang memiliki hasrat dalam dunia fotografi dan menulis untuk selalu memberikan karya terbaik.

“Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra merupakan lomba yang selalu diadakan oleh Astra setiap tahun. Selain memberikan apresiasi kepada rekan wartawan maupun masyarakat umum dan blogger, kedua lomba tersebut diharapkan dapat mengungkap ikon-ikon yang menjadi kebanggaan bangsa di kancah global,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas pada hari ini (12/3).

“Keterlibatan dalam Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019, merupakan kolaborasi perdana bersama Astra untuk mendorong masyarakat dalam menggiatkan Indonesia bicara baik. Adanya karya-karya dari para pemenang, citra kearifan lokal dan budaya, dapat menjadi ikon kebanggaan bangsa yang patut untuk dilestarikan,” ungkap Ketua Umum Perhumas Agung Laksamana

Pencarian peserta dilanjutkan melalui roadshow dan aktivitas ke berbagai kota seperti Pontianak, Makassar, Semarang, Mataram, Yogyakarta dan Jakarta.

Melalui Lomba Foto Astra yang memasuki tahun ke-11, para peserta dapat mengabadikan berbagai objek seperti festival budaya, kesenian daerah atau seni kontemporer, produk pusaka dan landmark. Lomba Foto Astra 2019 menjaring 3.249 peserta dan mengumpulkan 10.659 karya foto. Peserta tersebut terdiri dari 2.990 kategori umum dan 239 kategori wartawan.

Lomba menulis Anugerah Pewarta Astra yang memasuki tahun ke-5, mengajak para peserta untuk mengangkat kisah inspiratif para penerima apersiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, atau sosok penggerak 87 Kampung Berseri Astra dari 34 provinsi di Indonesia. Tercatat 500 peserta yang telah mendaftarkan diri pada Anugerah Pewarta Astra 2019, terdiri dari 359 peserta umum dan 141 peserta wartawan dengan jumlah artikel terkumpul sebanyak 299.

Seluruh foto dan artikel diseleksi dan dikurasi oleh para juri dari tiap-tiap kategori. Dewan juri Lomba Foto Astra 2019 ialah Chief Photographer Associated Press Dita Alangkara, Fotografer Nasional Barry Kusuma dan VP Design Asuransi Astra Fitra Pranadjadja.

Dewan juri Anugerah Pewarta Astra 2019 terdiri dari Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, Head Division Komunitas Kompas Budi Swarna, Perwakilan Perhumas Dr. Nia Sarinastiti serta penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2014 bidang pendidikan Irwan Bajang.

Tiap-tiap karya melewati tahap screening, kurasi dan seleksi. Sebanyak 20 pemenang Lomba Foto Astra dan 20 pemenang Anugerah Pewarta Astra baik dari kategori wartawan dan umum/blogger yang diumumkan pada hari ini akan mendapat hadiah sebagai berikut:

Juara 1: 4 Mobil Daihatsu Ayla M AT.

Juara 2: 4 Motor Honda ADV 150.

Juara 3: 4 Motor Honda Beat.

Juara Harapan: 8 DJI Osmo Pocket Action Cam.

Hadiah Favorit: 20 Fitbit Inspire Smartwatch.

Pada dasarnya kegiatan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra yang dilakukan Astra diharapkan dapat memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, pun sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Anggia Bahana Putri

Executive Secretary

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas)

Telp. 021-520-1146

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 226.105 karyawan, berdasarkan data Desember 2019.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 87 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).

Tentang Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas)

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) adalah organisasi profesi para praktisi Humas dan Komunikasi Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Desember 1972. Perhumas secara resmi telah tercatat di Depdagri sebagai organisasi nasional kehumasan di Indonesia dan pada International Public Relation Association IPRA yang berkedudukan di London. Perhumas bertujuan meningkatkan keterampilan professional, memperluas dan memperdalam pengetahuan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antara anggota serta berhubungan dengan organisasi serumpun di dalam dan luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.perhumas.or.id