Share

Our Activities

Astra Virtual Challenge

ASTRA VIRTUAL CHALLENGE

Astra Virtual Challenge (AVC) merupakan kompetisi analisis bisnis secara online bagi Young Talents yang tertantang untuk melakukan perubahan. Melalui AVC, Astra menantang Young Talents untuk merancang analisis praktis yang relevan dengan kondisi bisnis dunia saat ini.

AVC terbuka bagi mahasiswa Indonesia dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Setiap Tim terdiri dari 2-3 orang mahasiswa S1 aktif
  • Dapat berasal dari Jurusan dan Universitas dalam negeri yang berbeda
  • Memiliki kemampuan analisis yang baik
  • Memiliki pengetahuan bisnis secara umum

Tahapan Astra Virtual Challenge:

1.Prosedur Registrasi

  • Registrasi : Jumat, 28 Oktober 2016 - Senin, 14 November 2016 pukul 23.59 WIB, bersamaan dengan pengumpulan analisis bisnis.
  • Setiap Tim diwajibkan mengisi secara lengkap form registrasi AVC melalui bit.ly/astravcregistrasi
  • Setiap Tim hanya diizinkan untuk melakukan 1 kali registrasi.
  • Panitia berhak untuk mendiskualifikasi Tim yang tidak memenuhi syarat.

2.Tahapan Kompetisi

  • Setiap Tim akan diberikan waktu untuk menyelesaikan 2 tantangan berikut:
  1. Analisis bisnis dalam format PDF yang dapat dikirimkan paling lambat Senin, 14 November 2016 pukul 23.59 WIB. File dikirimkan melalui email ke [email protected] (maksimum lampiran 2 MB), cc ke : [email protected].
  2. Analisis dalam bentuk one sheet poster/ infographic poster dengan batas pengumpulan Rabu, 16 November 2016 pukul 23.59 WIB.

Poster dibuat

  • Dibuat dalam format .jpg
  • Ukuran square 1x1 dengan ukuran file maksimal 2 MB
  • Setiap Tim menyimpan Poster tersebut dalam Google Drive dan mengirimkan link Google Drive melalui bit.ly/astravcsubmit

  • Hanya poster Tim terpilih saja yang akan diunggah oleh Instagram: @astra_career pada 17 November 2016 dan dilakukan live voting (Likes Terbanyak) untuk menentukan Juara Favorit Astra Virtual Challenge. Voting (Likes) dihitung sampai dengan Jumat, 25 November 2016 pukul 09.00 WIB.

  • Penentuan Tim yang lolos menjadi Finalis akan diumumkan melalui Instagram @astra_career pada Jumat, 25 November 2016 pukul 10.00 WIB.

3.Penentuan Pemenang

  • Finalis terpilih diwajibkan untuk mengirimkan perwakilan untuk menghadiri acara Astra Open House di PT Astra International Tbk – Head Office sebagai puncak acara dan pengumuman pemenang AVC pada November 2016. Setiap Finalis akan mendapatkan subsidi transportasi dari PT Astra International Tbk.

  • Juara Utama mendapatkan uang tunai senilai Rp.7.000.000, Juara Favorit Rp. 3.000.000, dan setiap Tim Finalis Rp. 1.000.000. Pajak ditanggung oleh PT Astra International Tbk.

  • Penjurian akan dilakukan oleh PT Astra International Tbk dan hasil penjurian tidak dapat diganggu gugat. Setiap hasil karya yang dikumpulkan akan menjadi hak milik PT Astra International Tbk.

  • Kriteria Penilaian:

Semi Finalis, Finalis, dan Juara Utama:

  • Kualitas analisis kasus bisnis (bobot 80%)
  • Kreativitas dalam menampilkan analisis dalam bentuk poster (20%)

Juara Favorit:

  • Tim dengan jumlah Likes terbanyak dalam sesi Live Voting

KASUS BISNIS

Pengantar

Friedman, Thomas L. (2005), dalam The World Is Flat mengatakan bahwa tingkat perubahan yang terjadi di dunia saat ini sangat berbeda dibandingkan dengan era –era sebelumnya. Pada era ini dunia memasuki masa di mana terjadi perubahan yang sangat cepat, sulitnya memprediksi situasi, kompleksitas tantangan bisnis dan ambiguitas (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Fenomena serupa juga dialami Indonesia yang berdampak langsung terhadap perubahan stabilitas ekonomi, penyerapan dan kesiapan SDM, pendidikan, dst. Di era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) ini, peran seorang pemimpin menjadi sangat penting. Pemimpin perusahaan dituntut untuk dapat dengan tepat dan cepat membaca situasi serta tangkas sehingga dapat memberikan inovasi berkelanjutan baik dari segi SDM, proses, teknologi, maupun struktur. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peran seorang pemimpin perusahaan akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis perusahaannya dalam menghadapi fenomena VUCA.

Masalah

Anda adalah seorang pimpinan tertinggi pada salah satu perusahaan di Indonesia. Saat ini perusahaan Anda sedang dihadapkan dengan fenomena VUCA yang juga berdampak pada kondisi bisnis perusahaan. Tugas Anda adalah merancang strategi dalam rangka mempersiapkan kualitas SDM perusahaan yang Anda pimpin agar dapat bertahan dan terus bersaing dalam menghadapi fenomena VUCA.

Instruksi Pengerjaan

  1. Buatlah analisis terhadap kasus di atas dalam 5 – 6 halaman PDF dengan format penulisan, sbb:
  1. Font : Calibri dengan ukuran font 11
  2. Menggunakan line spacing 1.5
  3. Margin top, left, right, dan down 2.54cm
  4. Simpan file Anda dalam format PDF
  5. Tuliskan Subject email dan nama file dengan format avc_(nama tim)
  1. Sajikanlah hasil analisis kasus Anda dalam bentuk one sheet poster / infographic poster dengan ketentuan seperti di atas.