Kontribusi Sosial
Share

Ikhtisar

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. Cita-cita Astra sejak awal adalah untuk sejahtera bersama bangsa. Untuk meraih cita-cita ini, Astra terus mendorong adanya pertumbuhan Indonesia yang berkelanjutan dan berimbang baik dari segi ekonomi, sosial maupun lingkungan melalui Public Contribution Roadmap.

Public Contribution Roadmap merupakan pilar penyangga keberlanjutan perusahaan dalam mewujudkan Goal Astra 2020 menjadi kebanggaan bangsa. Pilar ini juga merupakan upaya pencapaian visi Astra untuk ‘menjadi perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial serta peduli lingkungan’. Dengan panduan Public Contribution Roadmap, Astra melaksanakan tanggung jawab sosial baik dalam pengelolaan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3) serta 4 pilar Corporate Social Responsibility (CSR) Astra untuk berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial Astra berpedoman pada pengembangan program 4 pilar CSR Astra yang sejalan dengan hasil pemetaan sosial, dampak proses bisnis, dan Public Contribution Roadmap 2020 dengan fokus program pada:

• Pilar Pendidikan, pembinaan dan peningkatan kualitas:

- Pendidikan Anak Usia Dini melalui “Senyum SAPA” (sahabat PAUD Astra), pendidikan dasar dan menengah baik melalui pembinaan sekolah Adiwiyata maupun peningkatan mutu pendidikan kejuruan.

- Pengembangan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) melalui pembentukan Pelopor IAABL di masing-masing perusahaan baik untuk internal maupun eksternal.

• Pilar Kewirausahaan, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan keterampilan wirausaha berbasis ekonomi kreatif, dukungan pemasaran, penguatan forum “AKU BISA” (Asosiasi Pelaku Usaha Kecil Binaan Astra) yang berfokus pada masyarakat dan penyandang disabilitas.

• Pilar Lingkungan, pengembangan Astra Forest sebagai area konservasi (Ruang Terbuka Hijau) dan perlindungan keanekaragaman hayati terpadu yang berkelanjutan.

• Pilar Kesehatan, implementasi program “Astra KIRANA” (Kesehatan Ibu, Remaja, dan Anak) dengan sasaran untuk peningkatan status kesehatan ibu, remaja, dan anak melalui kegiatan promosi pola hidup bersih dan sehat, perbaikan gizi, Keluarga Berencana dengan penguatan Kader Kesehatan Astra.

Keempat pilar tersebut dapat pula diimplementasikan melalui pembentukan Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas & Produktif) Astra di masing-masing wilayah.