YAYASAN PENDIDIKAN ASTRA MICHAEL D. RUSLIM (YPA-MDR)
Share

YAYASAN PENDIDIKAN ASTRA MICHAEL D. RUSLIM (YPA-MDR)

Bidang Kegiatan: Pendidikan

Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) awalnya didirikan pada tahun 2009 dengan nama Yayasan Astra Bina Pendidikan kemudian berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim pada tahun 2010 untuk menghormati Presiden Direktur Astra, Michael D. Ruslim.

yayasan pendidikan astra

YPA-MDR memiliki visi untuk membantu sekolah-sekolah tingkat dasar dan menengah di daerah prasejahtera dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah yang profesional. Pembinaan yang dilakukan melalui 4 Pilar, yaitu Akademis, Karakter, Kecakapan Hidup dan Seni Budaya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di sekolah binaan, memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya, mencintai seni budaya lokal dan memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia. Harapannya sekolah binaan dapat menjadi Sekolah Unggul yang berwawasan Global.

Jumlah Penerima Manfaat: 106 sekolah binaan, 23.819 siswa, 1.509 guru di 13 Kabupaten
Pencapaian 2020:
  1. Penambahan 8 sekolah binaan yaitu 3 di Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kabupaten Tangerang & 5 Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kabupaten Majalengka.
  2. Launching 1 sistem aplikasi berbasis Web “School Collaboration System” yang telah memuat 2000 konten Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  3. Menghasilkan 307 Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Lomba Inovasi Kreasi Karya Guru Astra dan Lomba Pembelajaran Kreatif Kolaboratif Guru – Siswa.
  4. Pembangunan 9 gedung sekolah di wilayah Kab. Kupang & Kab Rote Ndao.
  5. Prestasi sekolah binaan :
    1. SMKN 1 Pandak, Juara 3 melalui Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional.
    2. SMKN 1 Donorojo, Juara I Diklat Upskilling & Reskilling Guru Kejuaraan Tingkat Nasional.
  6. Prestasi YPA-MDR :
    1. Silver Winner dalam PR Indonesia Awards 2020.
    2. Apresiasi Program Komunikasi terbaik Group Astra melalui Corporate Affairs Award 2020.
    3. Astra Communication Management System Terbaik melalui Corporate Affairs Award 2020.
  7. Pembentukan 5 Sanggar Seni Budaya (Sanggar Anak Seni Nusantara) di area binaan yakni di Kec Leuwiliang-Kab Bogor, Kec Pandak-Kab Bantul, Kec Donorojo-Kab Pacitan, Kec Tanjungsari dan Kec Merbau Mataram – Kab Lampung Selatan.
  8. Pembentukan Komunitas Enterpreneur Muda Independent (KEMUDI) sebagai rintisan UMKM dari SMKN 1 Pandak-Kab Bantul, SMKN 2 Donorojo-Kab Pacitan dan SMKN 1 Leuwiliang- Kab Bogor.
  9. Pembentukan Paguyuban Komite Sekolah Produktif di area binaan Pandak-Kab Bantul yang memiliki usaha untuk membantu sekolah.
  10. Bidang Lifeskill: Tercipta 14 motif batik dan 1 motif memperoleh Hak Cipta.