YAYASAN ASTRA BINA ILMU (YABI)
Share

YAYASAN ASTRA BINA ILMU (YABI)

Pada tahun 1995 didirikan dengan nama Akademi Teknik Federal dibawah Yayasan Federal Bina Ilmu oleh PT Federal Motor (kini PT Astra Honda Motor). Seiring dengan perkembangannya Yayasan Federal Bina Ilmu berubah menjadi Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra).

YABI-Polman Astra mengemban misi menghasilkan lulusan D3 siap pakai dalam bidang terkait otomotif dan Sumber Daya Alam, termasuk pembinaan mindset QCDI, mental disiplin dan learning ability sehingga siap menghadapi perkembangan industri global serta menciptakan lingkungan akademis yang profesional untuk menumbuhkembangkan kompetensi dan potensi civitas academica. Sedang visi YABI-Polman Astra adalah menjadi Politeknik Terbaik di Indonesia dan mampu bersaing di Asia Tenggara.

Jumlah Penerima Manfaat :
- 3.119 mahasiswa lulusan Polman Astra sejak tahun 1995
- 622 siswa penerima beasiswa dari 24 provinsi di Indonesia sejak tahun 2009

Dana Kelolaan : Rp36,4 miliar

Pencapaian pada Tahun 2017 :
• Tahun 2017 meluluskan 197 Ahli Madya, 64 mahasiswa di antaranya merupakan penerima Beasiswa Prestasi Astra, seluruh lulusan menghasilkan total nilai Net Quality Income (NQI) Rp240,5 miliar dari project magang di Affco Astra Grup.
• Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat lewat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) yang telah membina 24 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta, Jabar, Banten, Jatim, Sumatera Utara dan Maluku Tenggara sejak 2014
• Melaksanakan R&D terapan melalui Lembaga Pengembangan Produk dan Penerapan Teknologi (LP3T), pada tahun 2017 menghasilkan 9 purnarupa produk baru, dimana 5 diantaranya dikembangkan untuk/berkerja sama dengan Grup Astra.
• Menjalin kolaborasi level internasional sejak tahun 2014, antara lain dengan OMRON (Asia Pacific), Perkumpulan Ekonomi Indonesia – Jerman (EKONID), Alfons- Kern Schule Pforzhiem (AKS - Jerman), Swiss International Technician Connection (Swiss), Center for Internet of Things Innovation-National Taiwan University of Science & Technology (NTUST) - Taiwan dan National Institute of Technology (KOSEN) Kumamoto College Jepang.
• Memiliki 2 orang instruktur Teknik Otomotif yang di tahun 2017 berhasil meraih sertifikasi Meister bidang Otomotif mekatronik dari Alfons - Kern Schule Pforzhiem (AKS) Jerman.
• Pada tahun 2017 mencatat prestasi mahasiswa tingkat Nasional dengan menjuarai: Industrial Automation and Mechatronics Competition (IMEC) UGM 2017 dan Electro Open Robotic (EOR) UNJ 2017
• Sahal Amri, mahasiswa Mesin Otomotif Polman Astra terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang World Skills Competition 2017 di Abu Dhabi untuk bidang lomba Automobile Technology.

astra bina ilmuUntuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.polman.astra.ac.id

astra bina ilmu