YAYASAN ASTRA BINA ILMU (YABI)
Share

YAYASAN ASTRA BINA ILMU (YABI)

Bidang Kegiatan: Pendidikan

Pada tahun 1995 didirikan dengan nama Akademi Teknik Federal dibawah Yayasan Federal Bina Ilmu oleh PT Federal Motor (kini PT Astra Honda Motor). Seiring dengan perkembangannya Yayasan Federal Bina Ilmu berubah menjadi Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra).

YABI-Polman Astra mengemban misi bagi masyarakat yaitu menyediakan pendidikan tinggi vokasi berbasiskan teknologi terapan yang memberikan nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedang visi YABI-Polman Astra adalah menjadi menjadi institusi pendidikan tinggi vokasi terdepan dalam menghasilkan lulusan berkompetensi dengan standar internasional dan mengembangkan teknologi terapan yang relevan dengan industri masa kini dan mendatang.

Jumlah Penerima Manfaat:
  1. 3.641 mahasiswa lulusan Polman Astra sejak tahun 1995.
  2. 819 siswa penerima beasiswa Astra dari hampir seluruh provinsi di Indonesia sejak tahun 2009.
Pencapaian 2020:
  • Tahun 2020 meluluskan 171 Ahli Madya Diploma 3, 50 mahasiswa di antaranya merupakan penerima Beasiswa Astra.
  • Meraih penghargaan Top 10 Perguruan Tinggi Inovasi terbaik (KATSINOV) dari Kementerian Riset dan Teknologi-Badan Riset dan Inovasi Nasional.
  • Melaksanakan riset terapan pada tahun 2020 menghasilkan 3 prototype produk baru, 1 di antaranya dikembangkan mendapatkan hibah Pemerintah oleh Kementerian Keuangan melalui program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dikolaborasikan dengan industri, yaitu PT Astra Otoparts Tbk divisi WINTEQ.
  • Ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pilot project implementasi program SMK – Diploma 2 fast-track di bidang Elektronika Industri yang diproyeksikan berjalan pada 2021.
  • Meluluskan 10 orang peserta batch pertama Program Astra Automotive Bachelor Professional yang merupakan program sertifikasi teknikal Jerman di bidang Otomotif yang merupakan program pertama di Asia. Lulusan berasal dari Sales Operation PT Astra International Tbk dan alumni Diploma 3 Polman Astra.
  • Menerbitkan 38 publikasi ilmiah terindeks dalam bentuk jurnal dan posiding level nasional dan internasional.
  • Melaksanakan 32 aktivitas pengabdian kepada masyarakat bersinergi dengan ESR dan Yayasan Astra kepada lebih dari 400 SMK dan UKM, untuk program pelatihan teknikal dan seminar update teknologi.

astra bina ilmuUntuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.polman.astra.ac.id

astra bina ilmu