ASTRA AGRO LESTARI FOUNDATION (YAAL)
Share

ASTRA AGRO LESTARI FOUNDATION (YAAL)

Bidang Kegiatan: Pendidikan


Pada 2010 Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL) didirikan dengan visi menciptakan sekolah terbaik di wilayah operasional perkebunan melalui penyediaan pendidikan yang lebih baik bagi keluarga karyawan dan masyarakat sekitar serta menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik yang baik, inovatif, berkarakter, peduli terhadap kesehatan, keselamatan dan lingkungan. YAAL membangun sekolah mulai TK hingga SMP berikut pendampingan manajemen sekolah serta pengembangan tenaga pengajar yang berkualitas, YAAL juga menyediakan perumahan bagi tenaga pengajar di sekolah binaan. Selain membina sekolah internal, YAAL juga membina 194 sekolah eksternal milik Pemerintah yang merupakan sekolah binaan di desa sekitar wilayah operasional Perusahaan.

Jumlah Penerima Manfaat: 10.734 siswa (akumulatif)
Pencapaian 2020 :
  • Penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi dan Inovatif tingkat Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk SMP Astra Agro Lestari di Kalteng.
  • Juara Sekolah Sehat tingkat Nasional, mewakili Provinsi Kalimantan Tengah yang diperoleh SDS Nirmala Cendekia menambah prestasi yang telah diraih oleh 9 Sekolah yang tetap mempertahankan status Juara Sekolah Sehat Nasional hingga tahun 2020.
  • Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diraih oleh SMP Astra Makmur Jaya dan SMP Pasangkayu di Sulawaesi Barat yang telah diraih oleh 17 Sekolah yang tetap mempertahankan status Sekolah Adiwiyata.
  • 60 Sekolah YAAL menjadi role model (sekolah percontohan) yang menerapkan standar Sekolah Sehat berbasis Adiwiyata serta Manajemen berbasis Sekolah (MBS) untuk 194 Sekolah milik Pemerintah di area Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • Pembinaan Komite Sekolah melalui program Komite BISA (Berkarakater Astra) di 60 Sekolah swasta dan 194 Sekolah milik Pemerintah dengan kegiatan training dan pelaksanaan participative assessment berbasis komite sekolah untuk peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah binaan.
  • Menciptakan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Lingkungan Kebun Sawit (PLKS) yang diterapkan di 60 Sekolah swasta sebagai referensi Muatan Lokal bagi pendidikan lingkungan di Sekolah Eksternal yang merupakan binaan dari Yayasan Astra Agro Lestari.
  • Pencapaian SDS Kimia Tirta Utama di Provinsi Riau sebagai Sekolah Percontohan di Kabupaten Siak untuk penerapan program Siak Hijau.
  • Jumlah guru YAAL sampai 2020 berjumlah 532 dan jumlah murid 10.734.
astra argo lestari