Kontribusi Sosial
Share

Kontribusi Sosial

Astra menjalankan strategi kelangsungan usaha dan sekaligus sebagai ‘good corporate citizen’, untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dengan menyeimbangkan kontribusi ekonomi, sosial dan lingkungan

Public Contribution Roadmap merupakan strategi penting keberlanjutan perusahaan untuk menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis dengan sosial dan lingkungan, dalam perjalanan untuk mewujudkan Kebanggaan Bangsa.

Kontribusi sosial berkelanjutan Astra memiliki tiga program unggulan yaitu Kampung Berseri Astra, Desa Sejahtera Astra dan SATU Indonesia Awards. Astra juga tetap secara konsisten menjalankan program-program pengelolaan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3) di dalam lingkungan internal Grup Astra serta program kontribusi sosial kepada masyarakat yang dikelompokkan menjadi empat pilar yaitu: Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Hingga tahun 2020, program Desa Sejahtera Astra dengan fokus pendekatan pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah pedesaan telah mencapai 755 Desa sedangkan program Kampung Berseri Astra telah mencapai 116 kampung yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Dalam pelaksanaan program Desa Sejahtera Astra dan Kampung Berseri Astra, beberapa penerima apresiasi dan finalis SATU Indonesia Awards juga mendukung program ini dengan memfasilitasi masyarakat serta perluasan cakupan program yang sudah ada.

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards adalah apresiasi bagi generasi muda baik individu maupun kelompok yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat di sekitarnya. SATU Indonesia Awards telah diselenggarakan sejak 2010 dengan memberikan penghargaan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Pada tahun ini, SATU Indonesia Awards menghadirkan kategori khusus untuk mengapresiasi para pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19.

11th SATU Indonesia Awards 2020 berhasil menjaring 10.036 peserta dibandingkan 8.654 peserta pada tahun 2019, atau meningkat sebesar 16%. Hingga tahun ini, SATU Indonesia Awards telah mengapresiasi 397 anak muda yang terdiri dari 70 penerima apresiasi tingkat nasional dan 327 penerima apresiasi tingkat provinsi. Astra juga mendorong para anak muda yang terlibat dalam SATU Indonesia Awards untuk berkolaborasi dengan program unggulan Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA). Tujuannya adalah memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan dalam meningkatkan kontribusi dan dampak positif pada usaha-usaha pembangunan di daerahnya.

Pada pilar Astra Untuk Indonesia Sehat, hingga tahun 2020, Astra melakukan berbagai program antara lain pembinaan terhadap 2.465 posyandu dan pembinaan 9.881 kader kesehatan, serta program pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja di internal perusahaan. Melalui Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dalam bentuk bantuan dan pembinaan kepada 21.209 sekolah, pembinaan 56.330 guru dan paket beasiswa sejumlah 267.479 dengan wilayah distribusi yang luas secara nasional. Pada pilar Astra Untuk Indonesia Hijau, telah dilakukan penanaman sebanyak 5,09 juta pohon, termasuk 1,46 juta pohon bakau. Astra juga telah mengembangkan pusat buah langka (Pranaraksa Center) di 32 lokasi dengan total penanaman pohon buah langka sebanyak 21.573 pohon.

Mulai tahun 2020, Astra melakukan gerakan “Semangat Kurangi Plastik” sebagai bagian dari upaya mengurangi limbah plastik dan mewujudkan lingkungan yang bebas pencemaran sampah plastik. Astra telah menurunkan konsumsi plastik di perusahaan sehingga 4,9% sampah plastik telah terkelola dibandingkan dengan total sampah plastik tahun 2019. Astra juga tetap konsisten menerapkan sustainable consumption & production untuk mendorong efisiensi penggunaan sumber daya alam serta Astra Green Energy (AGEn) sebagai program konservasi energi dengan keberhasilan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 461 ribu ton CO2 ekuivalen. Melalui Astra Untuk Indonesia Kreatif, Grup Astra dan yayasan telah melakukan pembinaan sebanyak 14.711 UMKM, dengan penerima manfaat 195.937 orang, dan 861 penyandang disabilitas.