Kontribusi Sosial
Share

Kontribusi Sosial

Dalam upaya mewujudkan cita-cita yang luhur yang telah ditanamkan oleh pendiri Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa”, Astra harus dapat memposisikan diri sebagai bagian dari ekosistem yang ada di Indonesia.

Kontribusi sosial Astra yang berkelanjutan dijabarkan dalam Public Contribution Roadmap setiap tahunnya, yang memetakan secara terstruktur dan komprehensif langkah-langkah yang saling terkait dan berkelanjutan dalam menciptakan kontribusi sosial yang semakin memiliki nilai tambah dan bermanfaat. Implementasi kontribusi sosial Astra dilakukan oleh seluruh jajaran organisasi melalui program-program kontribusi sosial yang berkelanjutan yang berfokus pada 4 pilar utama, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Pada tahun 2017, kontribusi sosial Astra semakin berkembang dengan baik melalui program 4 pilar Kontribusi Sosial Astra yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Program-program di bidang kesehatan diantaranya meliputi pembinaan terhadap 1.698 posyandu, dukungan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi 132.180 pasien, donasi 237.121 kantong darah serta penyediaan 22.635 kacamata terutama bagi anak-anak di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal). Inisiatif untuk peningkatan kualitas pendidikan dilakukan dengan memberikan kontribusi dalam bentuk bantuan dan pembinaan kepada 17.088 sekolah, pembinaan 45.549 guru dan penyaluran sebanyak 245.879 paket beasiswa yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Untuk program lingkungan, Astra menanam sebanyak 4,5 juta pohon. Sedangkan untuk program kewirausahaan, Astra & yayasannya telah membina 11.014 UMKM, dengan penerima manfaat sejumlah 100.941 orang serta membina 512 penyandang disabilitas. Program- program 4 pilar CSR Astra tersebut diimplementasikan secara terintegrasi melalui 72 “Kampung Berseri Astra” yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.