Otomotif
Share

Daihatsu

Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah entitas asosiasi antara Perseroan, Daihatsu Motor Company dan Toyota Tsusho Corporation, yang berperan sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia. ADM didukung oleh Daihatsu Sales Operation (DSO) sebagai distributor tunggal yang berperan untuk menyediakan layanan penjualan dan purna jual kendaraan bermerek Daihatsu di Indonesia.

Produk dan Jasa
Model kendaraan bermerek Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia adalah Xenia, Terios, Gran Max, Hi-Max, Luxio, Astra Daihatsu Ayla dan Astra Daihatsu Sigra, yang diproduksi di pabrik ADM, ditambah dengan Daihatsu Sirion yang diimpor dari Malaysia dan Daihatsu Copen yang merupakan produk impor dari Jepang. Pada tahun 2017, telah diperkenalkan dua produk baru, yaitu Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Terios.

Fasilitas Produksi
ADM di Indonesia memiliki kapasitas terpasang terbesar domestik untuk kendaraan roda empat, serta didukung dengan kelengkapan infrastruktur yang menunjang teknologi produksi dan rancang bangun secara komprehensif. Fasilitas produksi ADM terdiri dari lima pabrik, yaitu Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang Engine Plant dan Karawang Assembly Plant, dan didukung dengan sentra suku cadang di Cibitung, yang secara keseluruhan memiliki kapasitas produksi terpasang sebesar 530.000 unit per tahun. Untuk memastikan teknologi dan proses produksi kelas dunia, ADM melakukan proses perbaikan dan evaluasi secara berkesinambungan, antara lain dengan proses perbandingan (benchmarking) untuk menyetarakan praktik dan fasilitas produksi otomotif terbaik di Jepang dan Eropa. Secara berimbang, ADM juga mengoptimalkan kemampuan pengembangan dan penelitian (Research & Development/R&D) untuk memenuhi kebutuhan konsumen otomotif dalam memiliki kendaraan yang bervariasi, handal, dan terjangkau. Kegiatan R&D dilakukan di Pusat Penelitian & Pengembangan (R&D Center), yang dilengkapi dengan studio desain untuk pembuatan mock up produk baru, test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis simulasi kondisi jalan yang terdapat di tanah air, dan fasilitas Engineering Center yang berfungsi memberikan jaminan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan kelengkapan fasilitas dan keahlian tim R&D, ADM telah berhasil melakukan berbagai terobosan inovasi, baik pengembangan produk kendaraan baru maupun perbaikan proses bisnis yang telah berjalan. Beberapa hasil karya ADM yang telah dikembangkan untuk konsumen domestik dan juga telah berhasil diekspor adalah Astra Daihatsu Sigra dalam kategori LCGC, serta model terbaru Daihatsu Xenia yang dilengkapi mesin hasil pengembangan tim ADM. Kegiatan R&D terkait proses produksi mendukung berbagai inisiatif efisiensi dan produktivitas, dalam kaitan lokalisasi konten kendaraan maupun perbaikan struktur biaya.

Pemasaran dan Jaringan Penjualan
ADM senantiasa mengedepankan layanan yang terbaik bagi pelanggan sesuai dengan filosofi “Daihatsu Sahabatku”. Karenanya, pengembangan jaringan layanan merupakan agenda kerja utama untuk selalu hadir dan dekat dengan pelanggan. Implementasi strategi pengembangan difokuskan untuk memaksimalkan jangkauan distribusi baik dengan outlet VSP (vehicle, service, parts) yang menawarkan layanan penjualan dan purnajual secara komprehensif, maupun dengan outlet penjualan yang ditunjang dengan tim Daihatsu Mobile Service yang memberikan layanan purnajual di lokasi pemilik kendaraan. Kegiatan penjualan dilakukan melalui 237 outlet di tahun 2017, dari 230 outlet di tahun sebelumnya. Sedangkan layanan purna jual didukung oleh 183 bengkel resmi dan 3.178 toko suku cadang, dibandingkan 177 bengkel dan 3.153 toko suku cadang di tahun 2016.

daihatsuUntuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.daihatsu.co.id