Dewan Direksi

Prijono Sugiarto
Presiden Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Presiden Direktur PT Astra International Tbk sejak 1 Maret 2010. Beliau bertanggung jawab penuh atas semua bidang usaha Grup Astra. Sebelumnya menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2001 sampai dengan Februari 2010. Bergabung di Astra sejak tahun 1990 dan saat ini juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT United Tractors Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, PT Astra Honda Motor, Wakil Presiden Komisaris PT Federal International Finance, PT Toyota-Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau adalah Sales Engineering Manager di Daimler-Benz Indonesia. Menyandang gelar Dipl.-Ing. di bidang Teknik Mesin dari University of A. Sc. Konstanz, Jerman pada tahun 1984 dan gelar Dipl.-Wirtschaftsing. di bidang Administrasi Niaga dari University of A. Sc. Bochum, Jerman pada tahun 1986.

Gunawan Geniusahardja
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2001. Beliau bertanggung jawab atas bidang usaha Jasa Keuangan. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1981, pada saat ini juga memegang jabatan Presiden Komisaris PT Astra Sedaya Finance, PT Federal International Finance, dan Wakil Presiden Komisaris PT Asuransi Astra Buana serta Wakil Komisaris Utama PT Bank Permata Tbk dan Komisaris PT Astra Agro Lestari Tbk. Menjabat Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (1997–2006) dan sempat menjabat sebagai Chief Executive PT Astra International Tbk – Sales Operation (1990–1997). Menyelesaikan pendidikan di Universitas Kristen Indonesia, Jakarta tahun 1981.

Johnny Darmawan D.
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2005 dan bertanggung jawab atas bidang usaha Otomotif (Toyota). Beliau juga menjabat Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor sejak tahun 2002. Memulai karir di Astra sejak 1982 sebagai Manajer Akunting PT Multi Astra. Menjabat Direktur Keuangan dan IT PT Toyota-Astra Motor dari 1992 sampai 2000. Dari 1996 sampai 2000 juga menjabat sebagai Direktur HRD & GA. Pada tahun 2000 sebagai Chief Executive Officer Toyota Sales Operation. Sebelum bergabung dengan Astra bekerja sebagai Auditor pada Price Waterhouse. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Trisakti Jurusan Akuntansi.

Djoko Pranoto
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, Djoko Pranoto menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2008. Djoko juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT United Tractors Tbk (UT) sejak Mei 2007 setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur dari tahun 2001. Beliau juga menjabat sebagai Direktur UT Heavy Industry (S) Pte. Ltd. sejak tahun 1995, Komisaris PT Pamapersada Nusantara sejak tahun 2007 dan Komisaris PT United Tractors Semen Gresik sejak tahun 1999. Di UT, beliau menjadi General Manager Marketing (1991–1996) dan seterusnya menjabat sebagai Direktur (1997–2000). Djoko Pranoto menyelesaikan studinya di Fakultas Teknik Mesin di Univesitas Trisakti Jakarta.

Widya Wiryawan
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2008. Saat ini beliau masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk sejak Mei 2007 dan sebelumnya menjabat Wakil Presiden Direktur sejak tahun 2006. Bergabung dengan Astra tahun 1994 dan menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Federal International Finance (1997–2000). Beliau kemudian menjabat Direktur Keuangan PT Astra Otoparts Tbk (2000–2005) sebelum ditunjuk menjadi Wakil Presiden Direktur pada tahun 2006 di perusahaan yang sama. Widya Wiryawan menyelesaikan studi di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1982 dan meraih gelar Master of Business Administration dari University of Sidney, Australia.

Sudirman M. Rusdi
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Direktur Perseroan sejak Maret 2010. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor sejak Januari 2011, setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur dan Direktur Technical, Engineering & Manufacturing. Memulai karirnya di PT Astra Daihatsu Motor sejak tahun 1978. Komisaris PT Astra Mitra Ventura dan Ketua Umum Gaikindo periode 2010-2013. Beliau juga aktif sebagai anggota pengurus Yayasan Dharma Bakti Astra dan Yayasan Astra Bina Ilmu.

Simon Collier Dixon
Direktur

Berkewarganegaraan Australia, menjabat sebagai Direktur Perseroan sejak Mei 2010 dan bertanggung jawab atas bidang Keuangan, Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Korporasi. Beliau telah bergabung di Jardine Matheson sejak 2006 dengan posisi terakhir sebagai Group Treasurer. Sebelumnya, beliau pernah bekerja di Price Waterhouse di London dan Hong Kong. Menyelesaikan studi di Flinders University, Australia dan meraih gelar Bachelor of Economics (Accounting). Beliau juga merupakan anggota dari Institute of Chartered Accountants di Australia dan Fellow Hong Kong Institute of Certified Public Accountants.

Johannes Loman
Direktur

Berkewarganegaraan Indonesia, menjabat Direktur Perseroan sejak Mei 2011. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor sejak 2009, Presiden Komisaris PT Suryaraya Rubberindo Industries, Komisaris PT Showa Indonesia Manufacturing,  PT Musashi Autoparts Indonesia dan PT Federal International Finance.  Memulai karirnya di Astra pada 1997 sebagai Marketing Division Head – Honda Sales Operation. Tahun 2001-2007 menjabat sebagai Chief Executive Officer Daihatsu Sales Operation, dan sempat menjabat sebagai Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor pada 2006-2007. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Katolik Parahyangan, Jurusan Ekonomi Bisnis.

 

Fakta Astra

PT Astra International Tbk meraih Capital Market Awards 2011 dalam kategori 'Emiten Saham Terbaik' dengan Kapitalisasi Pasar di atas 10 Triliun dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Peminjaman Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).