astraimage

Tata Kelola Perusahaan

Seiring dengan penerapan penerapan Triple Roadmap Strategy menuju Long Term

Vision Astra 2020, Astra terus meningkatkan pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh aktivitas bisnisnya.

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik di seluruh lingkungan Grup Astra dilandaskan pada Catur Dharma yang merupakan filosofi perusahaan, pedoman Good Corporate Governance (GCG) serta peraturan perundang-undangan dan praktik umum yang baik yang berlaku di Indonesia maupun internas ional.

Pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik pada anakanak perusahaan diselaraskan dengan kegiatan usaha masing-masing anak perusahaan, sehingga dapat diterapkan secara tepat, guna mendorong Grup Astra untuk tumbuh secara sehat dan berkelanjutan.

 

Struktur Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas, organ perusahaan Perseroan terdiri dari 3

(tiga) organ, yaitu:

- Rapat Umum Pemegang Saham

- Dewan Komisaris

- Direksi

Masing-masing organ perusahaan memiliki tugas dan wewenang yang berbeda dan memiliki independensi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk kepentingan Perseroan. Jika dinilai perlu, Dewan Komisaris atau Direksi juga dapat membentuk unit atau komite yang berfungsi untuk membantu pelaksanaan tugas dan wewenang yang lebih efektif.

Fakta Astra

PT Astra International Tbk dinobatkan sebagai Asia’s Best Companies 2013No 1 Best Managed Company, No 1 Best Corporate Governance, No 1 Best Corporate Social Responsibility (CSR), No 2 Best Investor Relations, No 2 Most Committed to a Strong Dividend Policy, No 1 Best CEO - Prijono Sugiarto, dan No 2 Best CFO - Simon Dixon oleh Finance Asia.