Siaran Pers

SATU Indonesia Awards 2013 Generasi Muda Serukan Semangat Berkarya

JAKARTA: Kepedulian terhadap masa depan bangsa ditunjukkan secara nyata oleh karya dua generasi muda, yaitu Muhammad Farid, sang penggagas sekolah alam di Banyuwangi dan Rosmiati pencetus program tabungan ibu bersalin dan dana sehat di Riau. Meski keduanya mempunyai fokus kegiatan yang berbeda, Farid di bidang Pendidikan sementara Rosmiati di bidang Kesehatan, ada satu kesamaan dari mereka, yakni semangat berkarya untuk perubahan dan dedikasi kepada masyarakat demi kemajuan bangsa.

Muhammad Farid sukses mengembangkan sekolah SD dan SMP Alam di bawah Yayasan Banyuwangi Islamic School di lahan pemberian seorang donatur seluas 3.000 meter persegi di belakang perumahan Villa Alam Asri, Dusun Jenesari, Desa Genteng Kulon, Banyuwangi, Jawa Timur.

"Sekolah alam berbeda dengan sekolah biasa , tak ada ruang kelas dan bangku, hanya ada aula dan mushala kecil serta sanggar sisanya saung-saung kayu sederhana dan para siswa bebas belajar dimana saja. Seragamnya hanya 1 stel untuk Senin dan Selasa, selebihnya pakaian bebas. Siswa pun tak harus memakai sepatu kalau memang tidak punya," ungkap Farid. Uniknya, Farid tidak memaksakan uang sekolah dan memperbolehkan warga kurang mampu untuk membayar sekolah dengan sayur mayur, kalau memang terpaksa boleh gratis. Yang penting anak-anak dari kalangan dhuafa tersebut mau sekolah.

Farid sebagai Kepala Sekolah SMP Alam sementara pengelolaan SD diserahkan kepada sahabatnya Suyanto Khoiru Ichwan. "Izin pendirian sekolah sulit didapat gara-gara konsep pendidikan kami dinilai aneh. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat kami untuk membuka kesempatan belajar bagi masyarakat," tambah Farid.

Bahasa asing

Bagaimana hasilnya? Soal kualitas boleh diadu. Dengan kurikulum gabungan modern dan pondok pesantren Salafiyah, para siswa mampu menguasai Bahasa Arab, menghafal Al Qur'an, Bahasa Inggris, Jepang serta Mandarin. Bahkan bahasa pengantar di sekolahnya adalah Bahasa Inggris.

Sepekan sekali mereka melakukan outbound di halaman sekolah "untuk membangun karakter kepemimpinan" ujar Sarjana Hukum Islam dari Sekolah Tinggi Islam Ibrahimy Sukorejo, Situbondo ini.

Kini murid sekolah alam milik Farid mencapai lebih dari 100 siswa dan telah meluluskan lebih dari 200 siswa, bukan hanya dari Jawa namun juga dari berbagai daerah seperti Lampung, Bali dan Kalimantan.

Meregang nyawa

Cerita lain datang dari Rosmiati, seorang penggerak kesehatan ibu dan anak di Desa Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Berdasarkan data yang ditemukannya, ia melihat banyak kematian akibat telat mendapat tindakan medis hingga sejumlah ibu hamil meregang nyawa karena kehabisan darah di perjalanan. Di desa ini transportasi bukan hal yang gampang dan fasilitas kesehatan juga terbatas. Jika proses kelahiran ada masalah, maka hanya bisa dirujuk ke Rumah Sakit Kabupaten di Tembilah, ibukota Kabupaten Indragiri Hilir dengan perjalanan darat yang hanya dapat dilalui sepeda motor atau gerobak, bahkan jalan kaki dalam waktu berjam-jam.

Setelah itu harus menyusuri parit sekitar setengah jam dengan perahu kayu, lalu melanjutkan perjalanan dengan speedboat selama 3-4 jam menuju Tembilah dengan tarif antara Rp 70.000 - Rp 100.000. Transportasi tersebut pun hanya ada di siang hari dan tidak setiap saat tersedia. Setidaknya butuh uang sebesar Rp 1-6 juta jika ingin menyewa speedboat khusus untuk membawa ibu hamil tersebut.

Biaya ini berat, mengingat penghasilan masyarakat umumnya berkisar antara Rp 1-5 juta per bulan dengan biaya hidup mencapai Rp 1-3 juta per bulan. Kondisi kian terpuruk kala harga komoditas unggulan mereka yaitu kelapa dan kelapa sawit anjlok.

Hal itulah yang mendorong Rosmiati pada tahun 2009 mengadakan program tabungan ibu bersalin dan dana sehat, yaitu tabungan khusus ibu-ibu yang akan menjalani persalinan sebagai dana antisipasi jika kelahiran harus dirujuk ke Rumah Sakit Tembilah.

Dalam musyawarah warga dan aparat desa, usul yang disampaikan Rosmiati disambut baik, ditambah lagi besaran dan waktu menabung disesuaikan warga, kadang Rp 10.000 atau Rp 100.000. Menjelang kelahiran tabungan diberikan untuk biaya persalinan jika ada rujukan ke Rumah Sakit. Jika tidak ada rujukan tabungan tetap diberikan dengan nilai yang sama saat ditabung. Begitu juga dengan dana sehat yang dikumpulkan oleh warga sebesar Rp 2.000/kepala keluarga per bulan. Dana ini digunakan untuk membantu biaya transportasi bagi warga atau pasien yang dirujuk ke rumah sakit. Biaya transportasi yang dikeluarkan sebesar Rp 200.000 – Rp 400.000 untuk sekali jalan.

Tak ada potongan atau biaya administrasi, Rosmiati sama sekali tidak mengambil dana tabungan para ibu. "Saya hanya ingin membantu masyarakat, tak mengharap imbalan apa-apa," tutur wanita lulusan Akademi Kebidanan di Padang, Sumatera Barat.

Sebagai bidan yang ditugaskan pemerintah, Rosmiati sadar jika suatu saat akan dipindah tugaskan. Untuk itu, kelima kadernya dari tiap rukun warga (RW) disiapkan. "Jadi program ini tetap berjalan walau saya sudah pindah," ungkap Rosmiati.

Farid dan Rosmiati adalah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards. Fasli Jalal Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tahun 2010-2011 yang juga juri SATU Indonesia Awards mengapresiasi semangat berkarya dan kontribusi nyata mereka bagi masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia. "SATU Indonesia Awards ini sangat bermanfaat untuk mencari berlian-berlian yang belum terasah dari berbagai bidang kehidupan yang mungkin belum dikenal orang," ujar Fasli Jalal.

Itulah cerita tentang semangat anak muda yang sama-sama punya visi perubahan ke depan yang mengemuka dalam diskusi kepemudaan sekaligus tanda dibukanya pendaftaran SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) Awards 2013 yang digelar di Senayan Arcadia, Jakarta Kamis 28 Maret 2013.

SATU Indonesia Awards 2013

SATU Indonesia Awards merupakan ajang tahunan persembahan PT Astra International Tbk yang dimulai sejak tahun 2010 untuk mencari pemuda-pemudi yang memiliki semangat yang sejalan dengan Astra, senantiasa berkontribusi positif untuk lingkungan sekitar dan memberi manfaat bagi masyarakat luas di lima bidang yaitu Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Teknologi dan Wirausaha.

Pendaftaran untuk SATU Indonesia Awards keempat ini dibuka mulai 28 Maret sampai dengan 18 Agustus 2013 dengan persyaratan usia maksimal 35 tahun, program individu bukan kelompok, kegiatan harus orisinal, penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal 2 tahun, belum pernah menerima penghargaan nasional atau internasional, belum diliput oleh media serta bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group sebagi mitra kerja program ini.

Tidak hanya calon peserta yang bisa mendaftarkan diri, namun masyarakat yang mengetahui keberadaan dari para pemuda dengan kriteria di atas juga dapat merekomendasikan dan mendaftarkan lebih dari satu orang peserta.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat dilakukan di www.satu-indonesia.com. Disamping itu ikuti juga berbagai program terkait SATU Indonesia awards seperti Sebar SATU Indonesia, voting pemenang favorit dan perkembangan SATU Indonesia melalui Facebook Fan Page: Semangat Astra Terpadu dan Twitter: SATU_Indonesia.

Yang akan dinilai tim juri adalah kegiatan yang dapat membantu dan mengupayakan orang lain untuk bisa menjadi mandiri, dengan memberikan solusi, cara atau alat, bukan sekadar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara.

Kegiatan juga bisa berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri. Kegiatan-kegiatan yang membawa perubahan tersebut akan dinilai berdasarkan parameter mulai dari motif kegiatan, hasil yang diciptakan, jangkauan dari program dan komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Dewan juri SATU Indonesia Awards 2013 terdiri dari :

  • Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia
  • Fasli Jalal, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tahun 2010-2011
  • Nila Moeloek, Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs
  • Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan
  • Onno Purbo, Pakar Teknologi Informasi

PT Astra International Tbk akan memberikan bantuan dana keberlangsungan program masing-masing senilai Rp 55 juta dan pembinaan kegiatan bagi para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013.

SATU Indonesia Awards bukan hanya sebagai apresiasi, namun juga untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk terus menyatukan karya membangun bangsa. Tahun lalu, jumlah pendaftar mencapai 1.088 orang, yang berarti naik 121% dibandingkan tahun 2011 yang hanya berjumlah 492 orang pendaftar.

Statistik ini tentunya menggambarkan perkembangan positif di masyarakat Indonesia, ternyata banyak generasi muda yang membuat perubahan untuk kemajuan bangsa dengan semangat tanpa menyerah dan tanpa pamrih.

SATU Indonesia merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara."


Jakarta, 28 Maret 2013
PT Astra International Tbk

Yulian Warman
Head of Public Relations Division

07/24/2014

Laba Bersih Astra Semester I Tahun 2014 Naik 11% menjadi Rp 9,8 triliun Selengkapnya

06/15/2014

Inilah Para Pemenang Jakarta Green Run (JGR) Selengkapnya

06/15/2014

Lebih dari 25.000 Orang hadiri Astra Green Lifestyle di 7 kota di Indonesia Selengkapnya

05/19/2014

Astra Resmikan 20 Rumah Pintar Tersebar di Sembilan Provinsi Selengkapnya

05/07/2014

YDBA Luncurkan Direktori UKM Manufaktur pada HUT ke-34 Selengkapnya

04/29/2014

RUPST Astra: Bagi Dividen Tunai Sekitar Rp 8,744 Triliun Selengkapnya

04/28/2014

Laba Bersih Astra Kuartal I Tahun 2014 Naik 10% menjadi Rp 4,7 triliun Selengkapnya

04/15/2014

Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas Selengkapnya

03/24/2014

Prof. Emil Salim: Tahun 2014 Harus Ada Wakil Papua untuk Penerima SATU Indonesia Awards Selengkapnya

03/12/2014

Dicari, Calon Penerima SATU Indonesia Awards dari Kalimantan Selengkapnya

03/05/2014

Astra Melalui YPA-MDR Bangun Gedung Sekolah Program Keahlian Tata Busana Butik Selengkapnya

03/05/2014

Dicari, Pemuda-pemudi Berkarya untuk Negeri Selengkapnya

02/27/2014

Laba Bersih Astra Tahun 2013 Senilai Rp 19,4 triliun Selengkapnya

02/27/2014

30 Tahun InnovAstra Budaya-Inovasi Sebagai Kunci Prestasi Selengkapnya

02/20/2014

Astra Babagi Sareng Bangsa Selengkapnya

01/26/2014

Grup Astra Ajak Masyarakat Budayakan Keselamatan Berkendara Selengkapnya

01/22/2014

Nurani Astra Serahkan Bantuan untuk Bencana Banjir Jakarta dan Manado Selengkapnya

01/17/2014

Astra dan Aviva Bentuk Astra Aviva Life Selengkapnya

01/17/2014

Astra Terima Penghargaan dari Kapolri Selengkapnya

12/17/2013

Astra Dukung Jakarta Menuju Kota Layak Anak Selengkapnya

10/31/2013

Laba Bersih Astra per September 2013 Mencapai Rp 13,5 triliun Selengkapnya

10/29/2013

Inilah Pemuda – Pemudi Inspiratif Pembawa Perubahan untuk Bangsa Selengkapnya

10/28/2013

Lima Pemuda – pemudi Inspiratif Terima SATU Indonesia Awards 20133 Selengkapnya

09/04/2013

75 Mahasiswa Terpilih Ikuti Program Pendidikan Astra 1st Selengkapnya

08/31/2013

Lebih dari 1.500 Orang Hadiri Lomba AGI Grup Astra Selengkapnya

08/24/2013

Konvensi UKM Yayasan Dharma Bhakti Astra Mantan Pecandu Narkoba Sukses Usaha Bengkel Selengkapnya

08/23/2013

400 Orang Terinspirasi oleh Sujak Widodo Selengkapnya

08/22/2013

Dibuka, Konvensi UKM Paling Lengkap Selengkapnya

08/15/2013

Binaan YDBA Siap Berbagi dalam Konvensi UKM Selengkapnya

07/31/2013

Astra Holiday Campaign 2013, Melayani Pemudik dan Peduli Lingkungan Selengkapnya

07/30/2013

Laba Bersih Astra Semester I Tahun 2013 Sebesar Rp 8,8 triliun Selengkapnya

07/25/2013

Pendaftar SATU Indonesia Awards Pecah Rekor Selengkapnya

07/04/2013

Asia’s Best Companies Awards Astra Raih Peringkat Pertama Best Managed Company Selengkapnya

07/02/2013

Astra Serahkan 10 Gedung dan Sarana Pendidikan SD Negeri yang telah direnovasi di Kabupaten Lampung Selatan Selengkapnya

06/30/2013

2.000 Orang Meramaikan Green Race di Astra Green Lifestyle (Kenali-Lakukan-Ajarkan) Selengkapnya

06/30/2013

Astra Green Lifestyle Gaya Hidupku, Gaya Hidup Ramah Lingkungan Selengkapnya

06/29/2013

Beasiswa Koperasi Astra, Rp 23,864 miliar untuk 16.954 Siswa Selengkapnya

06/25/2013

Astra Green Lifestyle Yuk Gabung Bersama GenerAKSI Hijau Selengkapnya

05/31/2013

Meningkat, Pendaftar SATU Indonesia Awards 2013 Selengkapnya

05/30/2013

Inspirasi Astra untuk Bangsa Bagaimana Menemukan Inspirasimu! Selengkapnya

05/02/2013

Astra dan Tiga Anak Usahanya Raih Indonesia Most Admired Companies 2013 Selengkapnya

04/25/2013

RUPST Astra: Bagi Dividen Tunai Sekitar Rp 8,7 Triliun (Setara 45% dari Laba Bersih 2012) Selengkapnya

04/24/2013

Laba Bersih Astra Kuartal Pertama 2013 Sebesar Rp 4,3 triliun Selengkapnya

04/05/2013

SATU Indonesia Awards 2013 Habis Gelap Terbitlah Terang di Ampiri Selengkapnya

04/01/2013

SATU Indonesia Awards 2013 Generasi Muda Serukan Semangat Berkarya Selengkapnya

03/28/2013

SATU Indonesia Awards 2013 Generasi Muda Serukan Semangat Berkarya Selengkapnya

02/28/2013

Laba Bersih Astra Tahun 2012 Naik 9% Menjadi Rp 19,4 Triliun Selengkapnya

02/22/2013

InnovAstra ke 29 Net Quality Income (NQI) Grup Astra 2012 Mencapai Rp 6,313 triliun Selengkapnya

02/20/2013

56 Tahun Astra, Satukan Karya Bangun Bangsa Selengkapnya

11/28/2012

Astra Terima Penghargaan Penanaman Satu Miliar Pohon Selengkapnya

11/07/2012

Astra Serahkan SDN Percontohan Meulaboh Senilai Rp 18 miliar Selengkapnya

10/31/2012

Politeknik Manufaktur Astra Mewisuda 218 Ahli Madya, 48 Diantaranya Penerima Beasiswa Prestasi Astra Selengkapnya

10/31/2012

Laba Bersih Astra per September 2012 Naik 9% Menjadi Rp14,7 Triliun Selengkapnya

10/24/2012

SATU Indonesia Awards 2012 : 5 “Pencerah Bangsa” yang menjadi Lentera Indonesia Selengkapnya

10/21/2012

Lebih dari 245 Ribu Pengunjung Nikmati Serunya Jelajahi Dunia Astra 2012 Selengkapnya

10/20/2012

Kejutan Berpetualang di Jelajahi Dunia Astra Selengkapnya

10/19/2012

Jelajahi Dunia Astra, Pesta-nya Arek Suroboyo Selengkapnya

10/15/2012

Jangan Lewatkan, Jelajahi Dunia Astra Hadir di Surabaya Selengkapnya

09/27/2012

SATU Indonesia Awards 2012: Inilah 5 “Mutiara Bangsa” Kebanggaan Indonesia! Selengkapnya

09/19/2012

ASTRA, TOYOTA dan DAIHATSU Umumkan Kerjasama Proyek Terbaru Kebanggaan untuk Indonesia : AGYA dan AYLA Selengkapnya

09/16/2012

3 Hari Jelajahi Dunia Astra, Memikat Hati Masyarakat Makassar Selengkapnya

09/15/2012

15.000 Pohon, Astra Hijaukan Makassar Selengkapnya

09/14/2012

Jelajahi Dunia Astra Dibuka, Warnai Akhir Pekan Masyarakat Makassar Selengkapnya

09/13/2012

Jelajahi Dunia Astra Kini Hadir di Makassar Selengkapnya

09/12/2012

Grup Astra Hijaukan Taman Nasional Gunung Halimun dengan 55.000 Pohon Selengkapnya

09/06/2012

Menyongsong Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012: Pendaftar SATU Indonesia Awards 2012 Meningkat 121% dari Tahun Lalu Selengkapnya

07/26/2012

Laba Bersih Astra Semester I – 2012 Naik 13% Menjadi Rp 9,7 Triliun Selengkapnya

07/18/2012

Astra Hijaukan Bogor Eco Edu Forest Babakan Madang, Sentul dengan 550.000 Pohon Selengkapnya

07/15/2012

Pengalaman Luar Biasa dari Jelajahi Dunia Astra di Balikpapan Selengkapnya

07/14/2012

Serunya Liburan Akhir Pekan di Jelajahi Dunia Astra Selengkapnya

07/12/2012

Yuk Liburan ke Jelajahi Dunia Astra Hadir di Balikpapan 13-15 Juli 2012 di BSCC Dome Selengkapnya

07/10/2012

Astra Raih 7 Penghargaan Asia's Best Companies 2012 Selengkapnya

07/07/2012

22 Tahun Koperasi Astra, Serahkan 14.211 Beasiswa Selengkapnya

06/10/2012

Astra Green Lifestyle Meriahkan Monas dengan Semangat Kepedulian Lingkungan Selengkapnya

06/10/2012

Mungut Sampah, dapat Hadiah Galaxy Tab & Blackberry Gemini! Cerita menarik dari Astra Green Lifestyle Selengkapnya

06/09/2012

Dibuka, Astra Green Lifestyle Di Plaza Timur Monas Selengkapnya

06/07/2012

Ayo Selamatkan Bumi Melalui Gaya Hidup Ramah Lingkungan Astra Green Lifestyle, Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Jaga Lingkungan Selengkapnya

05/06/2012

Lebih Dari 150 Ribu Pengunjung Hadiri Jelajahi Dunia Astra Jakarta! Selengkapnya

05/05/2012

Nikmati Akhir Pekan Bersama Keluarga di Jelajahi Dunia Astra! *Diperkirakan Hari Terakhir Jumlah Pengunjung akan Meningkat Selengkapnya

05/04/2012

Jelajahi Dunia Astra: Tumbuhkan Semangat Berbagi Bersama Bangsa! Selengkapnya

05/03/2012

Rasakan Serunya Jelajahi Dunia Astra 2012!! Selengkapnya

04/27/2012

Astra Bagi Dividen Tunai Sekitar Rp 8 triliun dan Lakukan Stock Split Saham 1:10 Selengkapnya

04/25/2012

Laba Bersih Astra Kuartal Pertama 2012 Naik 8% menjadi Rp 4,6 triliun Selengkapnya

03/11/2012

Astra Dukung Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon Selengkapnya

02/28/2012

Laba Bersih Astra Tahun 2011 Naik 24% menjadi Rp 17,8 Triliun Selengkapnya

02/28/2012

Jusuf Kalla : 3 Hal Penting yang Harus Dilakukan oleh Perusahaan untuk Bangsa Selengkapnya

02/20/2012

55 Tahun Astra Berbagi Bersama Bangsa Selengkapnya

12/19/2011

Astra Resmikan “Astra Biz-Center” di Bandung Selengkapnya

10/31/2011

Press Release Kinerja Astra Kuartal Ketiga 2011 Selengkapnya

10/28/2011

Peringati Sumpah Pemuda, Astra Gelar “Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa” Selengkapnya

10/17/2011

Astra Mendapat Penghargaan dari Kemenkop dan UKM RI Selengkapnya

10/06/2011

Astra Serahkan Sarana Pendidikan dan Kesehatan ke Bupati Magelang Selengkapnya

08/25/2011

Astratel Akuisisi 95% Saham Perusahaan Jalan Tol Kertosono-Mojokerto Selengkapnya

08/18/2011

Grup Astra Terima Kunjungan 66 Anggota PASKIBRAKA 2011 Selengkapnya

08/15/2011

Astra Luncurkan Program: Apresiasi Astra Untuk Anak Bangsa Selengkapnya

07/28/2011

Laporan Keuangan Semester I Th 2011 PT Astra International Tbk Selengkapnya

07/27/2011

Astra Serahkan Gedung dan Sarana SMK Negeri 1 Leuwiliang, Kab Bogor Total Bantuan Astra di 3 Provinsi Mencapai Rp 22 Miliar Selengkapnya

07/05/2011

Astra Bersama Kemenkes Berkampanye Untuk Kesehatan Ibu dan Anak Selengkapnya

06/22/2011

Serukan Gerakan Cinta Lingkungan Astra Mengajak Masyarakat Stop Nyampah di Kali Selengkapnya

05/09/2011

Astra Resmikan Gedung Penunjang Belajar SDN 05 dan 06 Sungai Bambu, Rehabilitasi PAUD dan Beasiswa Lestari Selengkapnya

05/06/2011

RUPST Astra 2011 Selengkapnya

04/28/2011

Laba Bersih Astra Kuartal Pertama 2011 Meningkat 43 Persen menjadi Rp 4,303 triliun Selengkapnya

04/12/2011

Astra Serahkan Renovasi 8 Sekolah di Bantul dan gunung Kidul Total Bantuan di 3 Provinsi Rp 18 M Selengkapnya

03/14/2011

Grup Astra Bantu Korban Bencana Gunung Merapi Selengkapnya

02/27/2011

InnovAstra-27, Inovasi Astra untuk Konsumen Selengkapnya

02/24/2011

Laba Bersih Astra 2010 Selengkapnya

02/21/2011

54 Tahun Astra Berinovasi Bagi Bangsa Selengkapnya

10/28/2010

Laba Bersih Astra per September 2010 Naik 46% Menjadi Rp 10,4 Triliun Selengkapnya

07/29/2010

Laba Bersih Astra Semester I - 2010 Naik 52% Menjadi Rp 6,4 Triliun Selengkapnya

04/29/2010

Laba Bersih Astra Kuartal Pertama 2010 Naik 61% menjadi Rp 3,014 Triliun Selengkapnya

02/25/2010

Laba Bersih Astra Tahun 2009 Naik 9% menjadi Rp 10 triliun Selengkapnya

10/30/2009

Laba Bersih Astra untuk Sembilan Bulan Pertama 2009 mencapai Rp 7,1 triliun Selengkapnya

07/30/2009

Laba Bersih Astra Semester I 2009 Capai Rp 4,2 Triliun, Turun 11% Selengkapnya

04/29/2009

Laba Bersih Astra di Kuartal Pertama 2009 Turun 17% menjadi Rp 1,88 triliun Selengkapnya