astraimage

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim

Pada 2009 didirikan Yayasan Astra Bina Pendidikan yang khusus mengelola bantuan pendidikan untuk daerah prasejahtera. Pada semester I tahun 2010, dilakukan penggantian nama yayasan menjadi Yayasan Pendidikan Astra - Michael D Ruslim (YPA-MDR) untuk menghormati almarhum Bapak Michael D.

Ruslim – Presiden Direktur Astra tahun 2005- 2010 yang memulai program ini. Visi YPA-MDR adalah membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah prasejahtera agar siswa siswanya mampu meningkatkan kualitas, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup (life skill) serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia.

Misi YPA-MDR adalah berperan aktif sebagai agen perubahan (agent of change) dan agen pengembangan (agent of development) dalam peningkatan mutu sekolah-sekolah, pengembangan sumber daya manusia yang terarah, serta pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah yang profesional. Jenjang sekolah yang mendapatkan bantuan adalah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan di 5 wilayah Indonesia yaitu Leuwiliang, Yogyakarta, Lampung, Kutai Barat dan Pacitan. Pada tahun 2012, YPA-MDR membina 42 sekolah binaan dengan total 9.534 siswa dan 638 guru.