astraimage

Ikhtisar

Sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab, Astra menyadari bahwa kinerja usahanya tidak hanya diukur dari kinerja keuangan semata. Bagi Astra, menjadi perusahaan kebanggaan bangsa berarti mampu meraih keberlanjutan usahanya dalam jangka panjang, termasuk dengan sebaik-baiknya mengelola dampak sosial dan dampak lingkungan sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan sinergis dengan masyarakat di lingkungan sekitar instalasi Astra, bagi bangsa dan bagi dunia secara luas. Menjadi perusahaan kebanggaan bangsa juga berarti Astra mampu menjadi perusahaan yang dihormati dan dicintai oleh seluruh pemangku kepentingan.

Menginjak usia yang ke-55, merupakan momen yang istimewa dan sekaligus kesempatan yang baik untuk kembali mempertegas kehadiran Astra di Indonesia sebagai salah satu aset bangsa yang berharga. Peringatan HUT ke-55 Astra dengan tema ‘Berbagi Bersama Bangsa’, diselenggarakan sepanjang tahun dengan penyelenggaraan berbagai program dan aktivitas Tanggung Jawab Sosial (CSR) yang mencerminkan apresiasi Astra terhadap bangsa dan negara Indonesia yang telah menjadi sumber inspirasi selama perjalanannya sampai saat ini.

Program CSR HUT ke-55 Astra
Mengusung tema ‘Berbagi Bersama Bangsa’, HUT ke-55 Astra merupakan momen yang bersejarah untuk dimeriahkan dengan rangkaian penyelenggaraan program CSR sebagai wujud apresiasi Astra serta komitmen untuk tumbuh kembang bersama bangsa Indonesia. Usia 55 tahun Astra tahun 2012 dirayakan di seluruh Indonesia dengan program khusus kegiatan CSR sebagai wujud dari Berbagi Bersama Bangsa. Peringatan HUT ke-55 Astra ditandai dengan program 55.000 jam Astra Berbagi Ilmu, 55.000 jam Pelatihan Usaha Kecil Menengah, 550.000 pohon Astra untuk Lingkungan, dan 55.000 kantong darah untuk Kesehatan. Seluruh program tersebut tercapai melebihi target yang dicanangkan dengan melibatkan seluruh kelompok bisnis Astra.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah:

  1. Jelajah Dunia Astra, sebuah acara edukatif dan hiburan bagi seluruh anggota keluarga, termasuk pelanggan dan karyawan Astra berupa pameran produk dan jasa Grup Astra di enam lini bisnisnya, acara hiburan di Alun-Alun Astra, kuliner Aneka Jajanan Khas Nusantara di Kedai Astra, area bermain anak sambil belajar mengenal produk-produk Astra di Zona Anak Astra dan informasi tentang kegiatan CSR Astra selama 55 tahun di Galeri Foto 55 Tahun Astra;
  2. Astra Green Lifestyle, dihadiri lebih dari 15.000 pengunjung yang mengikuti berbagai aksi lingkungan pemilahan sampah dan pembuatan biopori, Eco Exhibition, Fun Bike, uji emisi dan Green Talk;
  3. SATU Indonesia Awards, memberikan penghargaan bagi generasi muda Indonesia yang berprestasi dan memiliki kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Fakta Astra

PT Astra International Tbk meraih Capital Market Awards 2011 dalam kategori 'Emiten Saham Terbaik' dengan Kapitalisasi Pasar di atas 10 Triliun dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Peminjaman Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).