astraimage

Agribisnis

Melalui kepemilikan 79,7% saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL), Astra mengelola salah satu bisnis kelapa sawit terbesar nasional, dengan total lahan kelapa sawit tertanam seluas 272.994 hektar. AAL memiliki delapan pabrik pengepresan inti kelapa sawit (kernel pressing) dengan total kapasitas 920 ton kernel/hari dan 26 pabrik pengolahan minyak kelapa sawit dengan total kapasitas produksi sebesar 1.230 ton Tandan Buah Segar (TBS)/ jam pada akhir tahun 2012.

Kinerja positif Perusahaan sepanjang tahun 2012 tidak terlepas dari program intensifikasi di semua lini proses produksi dan perkebunan, termasuk mekanisasi, pengolahan tanah, pengelolaan air dan perbaikan infrastruktur, yang telah diluncurkan selama beberapa tahun terakhir, serta diiringi inisiatif peningkatan kapasitas produksi. AAL menyelesaikan pembangunan empat pabrik pengolahan kelapa sawit baru, dua berlokasi di Kalimantan Timur dan lainnya di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah. Masing-masing pabrik menyumbang penambahan kapasitas produksi sebesar 45 ton TBS/jam, sehingga total kapasitas produksi secara keseluruhan menjadi 1.230 ton TBS/jam atau naik 17,1% dari total kapasitas produksi 1.050 ton TBS/jam di akhir tahun 2011.

Fakta Astra

PT Astra International Tbk meraih predikat sebagai Emiten Terbaik Sektor Aneka Industri dalam Investor Awards dari Majalah Investor.